PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA
Abstract
Artikel ini membahas tentang proses berpikir kreatif siswa terhadap pola asuh orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Informan dalam penelitian ini adalah siswa, orang tua, dan guru kelas. Ada 4 indikator berpikir kreatif yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan berpikir elaborasi. Data yang diperoleh yaitu dari observasi, wawancara mendalam, angket, dokumentasi, dan tes. Semua dimensi tersebut adalah untuk mengukur bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua siswa dan bagaimana dampak pola asuh orang tua terhadap berpikir kreatif siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Anisah, S.A. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukam Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universits Garut. Vol. 05; No. 01; 2011; 70-84
Anggraeni, A., Henry, S. B., Jayanti. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD” Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1), 82-88.
Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Pesona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108-121.
Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 90-97.
Cintia.N.I, Firosalia K, Indri A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa”. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77.
Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika Pada Materi Perkalian. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal at-Taquddum. 8(1), 21-46.
Humaira. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Usia Dini di Desa Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 4(2), 2252-4738.
Gunawan, L, Farid, M. (2014). Motivasi Intrinsik, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kreativitas Anak Sekolah Dasar” Jurnal Psikologi Indonesia, 3(2), 141-147.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Sekolah Dasar. Metodik Ditaktik, 9(2), 25-32.
Rika, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem. Pesona PAUD, 1(1), 20-30.
Sukanta, I.K. (2018). Nilai-Nilai Pola Asuhan Orang Tua Yang Mendorong Daya Kreativitas Anak. Suluh Pendidikan, 16 (1), 85-98.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J. (2002). Perkembangan Masa Hidup Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Yulianti, T. R. (2014). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal EMPOWERMENT. 4(1), 11-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id