IMPLEMENTASI KEBUDAYAAN DAERAH LOKAL MINANGKABAU DI SEKOLAH DASAR

Tri Susilawati, Marlina Marlina, Desyandri Desyandri

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian kebudayaan daerah lokal Minangkabau dalam pembelajaran di sekolah dasar. Kajian ini menggunakan metode studi literatur yang dimana melakukan analisis dari berbagai data dan sumber terkait dengan pengimpelemntasian kebudayaan Minangkabau ke dalam pembelajaran di sekolah dasar. Sumber-sumber literatur dapat berupa majalah, artikel, buku, laporan, berita, dan lain sebagai nya. Hasil kajian menunjukkan implementasi kebudayaan lokal Minangkabau dalam pembelajaran disekolah dasar dapat dilakukan dengan penyajian pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara menyajikan sebuah pembelajaran yang unik dan menarik bagi siswa seperti kegiatan bernyanyi, berdendang, maupun berbalas pantun adat Minangkabau. Pembelajaran juga dapat dikukan secara kontekstual yang dimana pembelajaran didasari pada keadaan nyata di lingkungan sekitar peserta didik yang bertujuan untuk membuat pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Dengan adanya implementasi kebudayaan Minangkabau di sekolah dasar dapat menanamkan nilai-nilai, norma, maupun sikap yang edukatif untuk peserta didik


Keywords


minangkabau, pembelajaran, sekolah dasar

References


Aliman, M., & Arif, M. (2017). Pengintegrasian Nilai Kearifan Lokal Minangkabau dalam Konservasi Sungai melalui Pembelajaran Geografi. Prosiding Peningkatan Literasi Informasi Geografi Dan Kebencanaan Untuk Pembangunan Pesisir Dan Daerah Aliran Sungai, 1, 479.

Alwidora, D., & Wirdanengsih, W. (2020). Penerapan Sekolah Berintegrasi Budaya Minangkabau di SMA Negeri 5 padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–7.

Amirin, T. M. (2013). implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047

Annisa, A. N. (2016). Studi Literatur Perencanaan dan Algoritma Pembentukan DMA (District Metered Area). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Anton, S., Martis, M., Prayuda, N., & Pratama, A. (2016). Pelatihan Pidato Pasambahan Di Sd Negeri 02 Padangpanjang. Batoboh, 1(1).

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Cahyono, E. A., Sutomo, N., & Hartono, A. (2019). Literatur Review; Panduan Penulisan Dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12(2), 12.

Desyandri, D. (2015). Nilai-nilai edukatif lagu-lagu minang untuk membangun karakter peserta didik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(2), 126–141.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 280–289.

Kamal, M. N., Sari, D. M., Hadi, H., & Syeilendra, S. (n.d.). Pelatihan Dendang Tradisional Minangkabau Melalui Metode Drill Bagi Guru Sd Negeri 04 Nagari Jaho Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 204–210.

Muliani, R. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter Di SDN 06 Pangkalan Kecamatan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Provinsi Sumatera Barat. LENTERA (Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya, Dan Sosial), 5(14), 85–92.

Novembli, M. S., Marlina, M., & Martias, M. (2015). Layanan Proses Pembelajaran pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(1).

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9–14.

Rozi, S. (2013). Konstruksi identitas agama dan budaya etnis minangkabau di daerah perbatasan: perubahan identitas dalam interaksi antaretnis di rao kabupaten pasaman sumatera barat. Masyarakat Indonesia, 39(1), 215–245.

Sutjipto, S. (2017). Implementasi Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 1–21.

Trisnaa, S., & Rahmi, A. (2016). Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 9–14.

Zuwirna, A. J. S., & Skudai, J. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Budaya Alam Minangkabau Di Sd Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 60-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id