EFEKTIFITAS BLENDED LEARNING DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI TERHADAP KREATIFITAS MAHASISWA PG-PAUD STKIP SYEKH MANSHUR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL

Badri Munawar, Gasam Tarmon, Rihatul Jannah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreatifitas mahasiswa PG-PAUD dalam memahami pembelajaran sains anak usia dini pada saat pandemi seperti ini dalam pembelajaran yang menggunakan model blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji coba secara terbatas efektivitas blended learning dalam mata kuliah sains anak usia dini terhadap kreativitas mahasiswa PG-PAUD STKIP Syekh Manshur dengan menggunakan aplikasi sigil. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian tersebut menggunakan metode quasy eksperimental dengan jenis pretest-posttest group design. Desain penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan pada eksperimen, adalah blended learning dengan menggunakan aplikasi sigil (X1) dan pada kelas kontrol, yaitu model konvensional (X2) . Berdasarkan hasil dari uji Ancova nilai F hitung > Ftabel (15.49 > 3.98), maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan rata-rata kreatifitas mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya blended learning berbasis aplikasi sigil memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreatifitas mahasiswa, serta lebih efektif untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaaan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen  0.88 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0.66 dengan kategori sedang.


Keywords


blended learning, pengembangan sains anak usia dini, kratifitas, sigil

References


Akhmalia, N. L. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI, 2(2), 56-64.

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 50-65.

Astuti, P. (2019). Blended Learning: Studi Efektivitas Pengembangan Konten E-Learning Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 50-75.

Delianti, P. I. (2020). Efektivitas E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(2), 200-220.

Du, C. (2011). A comparison of traditional and blended learning in introductory principles of accounting course. American Journal of Business Education, 4(9), 1–10.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagaiu Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3, 90–102. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V3i1.1584.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran, Blended Learning. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Ishak, A., & Deni, D. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Roda Karya.

Lalima, K., & Lata, D. (2017). Blanded Learning: An Inovative Approach. Universal Journal Of Educational Reserch. 2(7), 120-135.

Linda., dan Mulyasari, A. (2020). Sikap dan Respo Anak PAUD dalam Mengenal Metamorfosis Serangga melalui Media Animasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 120-135.

Ruchi, S., & Sunita, S. (2015). Implementation Of Blended Learning In Classroom: A Review Paper. Internasional Journal Of Scientific And Research Publication, 11(2), 120-135.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Precel, K., Yoram, E., Alklai., and Yael. (2009). Pedagogical And Desain Aspect Of Blended Learning Course. International Review of Research In Open and Distance Learning, 10(2), 50-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8567

Refbacks



Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id