POLA PENGELOLAAN WAKTU BELAJAR SAMBIL BEKERJA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU

Nurul Hafizah, Said Suhil Achmad, Dafetta Fitrilinda

Abstract


Tujuan umum  penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku pengelolaan waktu belajar sambil bekerja pada mahasiswa FKIP Universitas Riau. Sedangkan tujuan khusus  adalah untuk mendeskripsikan profil mahasiswa belajar sambil bekerja. Penelitian ini dilakukan di Universitas Riau dengan subjek mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada Tahun akademis 2021-2022 sebanyak 3 orang, yang dipilih berdasarkan teknik purposive random dari 8 orang, karena memiliki prestasi belajar di atas rata-rata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu memadukan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan dilakukan dengan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi, dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Data dianalisis secara manual dimulai dari reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian menemukan bahwa pengelolaan waktu dilakukan dengan cara memprioritaskan belajar dari bekerja, hal ini dilakukan apabila ada waktu sudah mendesak, jika kedua sama-sama penting, maka dapat dikerjakan pada waktu yang sama, yaitu secara manual dan online; penyelesaian tugas dilakukan dengan cara mengerjakan lebih awal waktu dan mengantarkan tugas kepada dosen yang bersangkutan; memanfaatkan tempat dan waktu serta menghindari keramaian agar tidak membuang waktu untuk belajar; pengendalian waktu belajar dilakukan dengan cara membuat jadwal tertulis. Temuan lainnya terdapat tekanan dalam mengambil keputusan bila belajar sambil bekerj, serta alasan perekonomian keluarga.


Keywords


pengelolaan, waktu, belajar, bekerja

References


Andari, N. D., & Nugraheni, R. (2016). Analisis Pengaruh Manajemen Waktu, Motivasi Kuliah, dan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Bungin, M., & Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Claessens, B. J., Van Eerde, W., Rutte, C. G., & Roe, R. A. (2007). A review of the time management literature. Personnel review.

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.

Edwards, R., & Xu, Y. (2012) Academic Writing and Time Management in a Cultural Context. Journal of applied psychology, 79(3), 381.

Ginting, M. N. K., & Azis, A. (2014). Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Manajemen Waktu dengan Motivasi Menyelesaikan Studi. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 91-97.

Koch, C. J., & Kleinmann, M. (2002). A stitch in time saves nine: Behavioural decision-making explanations for time management problems. European Journal of Work and Organizational Psychology, 11(2), 199-217.

Koch, C. J., & Kleinmann, M. (2002). A stitch in time saves nine: Behavioural decision-making explanations for time management problems. European Journal of Work and Organizational Psychology, 11(2), 199-217.

König, C. J., & Kleinmann, M. (2007). Time management problems and discounted utility. The Journal of Psychology, 141(3), 321-334.

Macan, T. H., Shahani, C., Dipboye, R. L., & Phillips, A. P. (1990). College students' time management: Correlations with academic performance and stress. Journal of educational psychology, 82(4), 760.

Metriyana, M. (2014). Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self Efficacy dan Status Kerja terhadap Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bekerja dan Mahasiswa Tidak Bekerja”, Skripsi. Dipublikasikan: Universitas Diponegoro, Semarang.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Miles, Mathew B & Huberman, A. (2021). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan.

Purwanto, H., dkk. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT- UNP. 1(1) ISSN:2302-3341.

Rice, F. P., & Dolgin, K. G. (2000). The Adolescent: Development, Relationships, and Culture 12th edition. Boston: Pearson Allynand Bacon, 2008.

Sari, M. I., Lisiswanti, R., Michael., & Oktafany, O. (2017). Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), 525-529.

Simfoni (2021). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. (https://fkip.unri.ac.id/, diakses pada 10 Otober 2021)

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumanty, D., Sudirman, D., & Puspasari, D. (2018). Hubungan religiusitas dengan citra tubuh pada wanita dewasa awal. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 1(1), 9-28.

Sunarya, P. A., bin Ladjamudin, A. B., & Dewanto, I. J. (2017). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Diii Komputerisasi Akuntansi Amik Raharja Informatika. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 3(2), 115-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id