MENINGKATKAN PERILAKU AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VI SD NEGERI 003 PULAU PERMAI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model kooperatif tipe STAD terhadap siswa kelas VI SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan perilaku aktifitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 003 Pulau PermaiKecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 003 Pulau Permai yang berjumlah 34 siswa, yaitu 18 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.Penelitian ini terdiri atasII siklus dan 4 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas 4 tindakan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data perilaku aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kategori amat baik 37,50% dan siklus II yang berkategori amat baik 81,25%. Dengan demikian terjadi peningkatan 43.75%. Untuk hasil belajar pada siklus I, rata-rata yang tuntas 75,29% dan siklus II 96,48%. Dengan demikian terjadi peningkatan 21,19%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan perilaku aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 003 Pulau Permai Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id