MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V SD NEGERI 013 SUNGAI TARAP KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Sungai Tarap Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Sungai Tarap Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar dengan menggunakan metode demontrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan empat kali pertemuan. Adapun prosedur dalam pelaksanaan penelitian ini, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan penilaian, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Sungai Tarap Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,61% dan persentase siswa tuntas 59,09%. Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 84,93% dan persentase siswa tuntas 86,36%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 013 Sungai Tarap Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar mengalami peningkatan dalam setiap siklus setelah diterapkan metode demontrasi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6480
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id