UPAYA MENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 017 PASIR EMAS

Dana Rasmita

Abstract


This research was motivated by the many weaknesses encountered especially in the implementation of the learning process carried out by teachers at the 017 Golden Sand Public Elementary School. The strategy used to help teachers improve teacher competency in the implementation of the learning process by intensifying the implementation of academic supervision. The aim is to improve the process of implementing learning carried out by teachers in the classroom. The results showed, where the average value of teachers in the learning process cycle I was 72.85 with sufficient categories. After the second cycle, the value of teacher competence in the process of learning has increased to 88.00 with a very good category. This proves that, through academic supervision, it can improve teacher competence in the implementation of the learning process at 017 Golden Sand Public Elementary School.


Keywords


academic supervision, learning process

Full Text:

PDF

References


Afendi, N. (2013). Propesionalitas Guru Sekolah Dasar Sekecamtan Tampan Kota Pekan baru (Penelitian Survey di sekolah dasar Sekecamatan tampan Kota Pekan Baru). Universitas Riau (skripsi tidak diterbitkan).

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Praktik” Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 009 Teluk Pauh Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 753-757.

Burhanuddin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 022 Jaya Mukti Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (3), 395-399.

Hamid, A. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan SDN 007 Panipahan Darat. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (2), 277-289.

Jurianti. (2018). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Supervisi Akademik SD Negeri 038 Pulau Kijang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (6), 928-935.

Karmizan. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Dengan Lesson Study Di Kelas SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (4), 608-618.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan Sikap dan Pengetahuan. Prmary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389- 396. DOI:10.33578/jpfkp.v6i2.4520.

Mulyasa. E. (2009). Penilaian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samudi. (2018). Penerapan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1), 142-149.

Suriati. (2018). Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 007 Kampung Baru Kecamatan Cerenti dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalaui Supervisi Akademik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (2), 269-281.

Wartini. (2018). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Melalui Supervisi Akademik di SDN 011 Bukit Raya Singingi Hilir Kecamatan Singingi Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2 (6), 1023-1031.

Yurnalis. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 007 PL. Sipan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi. Laporan penelitian Tidak Diterbitkan.

Zuraida. (2018). Penerapan Supervisi Akademis Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non Kependidikan SDN 003 Bagan Hulu Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1), 136-141.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i3.7189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id