PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dirto. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas VI SD Negeri 014 Beringin Makmur Kecamatan Kerumutan. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 354-356.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Huda, M. (2011). Cooperative learning. Jogyakarta : Pustaka Belajar.
Huda, M. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan. Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Kepala Balai Diklat Keagamaan.
Kaulani, F., & Noviana, E. 2019. Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidik dan Pengajar), 3 (2), 18-25.
Kusnidar, D. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 010 Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan. Primary: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 307-316.
Nursian. (2019). Adaptasi Model Pembelajaran Make A Match dengan Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(2), 248-257. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6855.
Ratno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Budha Siswa Kelas IV SDN 003 Tembilahan Kota. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 311-316.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Bandung : Raja Prasindo Persada.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Bandung : Raja Prasindo Persada.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sutini. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 016 Beringin Jaya Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 704-710.
Teladaningsih,O., Mawardi., & Huliana, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 17-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id