MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI BIMBINGAN PRIBADI DI SDN 91/IX RENGAS BANDUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Praktik (VI ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Berserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan (9 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdi, M. (2018). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Teori dan Praksis dalam Pendidikan. Jambi: UNJA Press.
Hong, C. P., & Lawrence, S. A. (2011). Action Research in Teacher Education: Classroom Inquiry, Reflection, And Data-Driven Decision Making. Journal of Inquiry & Action in Education, 4(2), 1 - 17.
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Kasa, Y. (2016, Juni). Improving Student’s Participation in the Classroom in Chemistry Freshman Students at Assosa University: An Experimental Action Research. International Journal of Education, Culture and Society, 1(1), 12 - 18 .
Marjoni. (2019, Mei). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 020 Langsat Hulu dalam Menyusun Penilaian Proses K13 Melalui Supervisi Akademik. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(3), 512 - 520.
Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar (16 ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20-33.
Rasmita, D. (2019, Mei). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 017 Pasir Emas. Jurna PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(3), 560 - 569.
Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (22 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Soetjipto, & Kosasi, R. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7890
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id