IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI UNTUK PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI JAKENAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1. Mengetahui penerapan gerakan literasi di SD Negeri Jakenan, 2. Mengetahui penanaman karakter siswa yang terbentuk dalam gerakan literasi di SD Negeri Jakenan, 3. Mengetahui alasan mengapa diadakan gerakan literasi di SD Negeri Jakenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Jakenan Pati. Serta objek yang diteliti adalah perilaku peserta didik SD Negeri Jakenan Pati. Penelitian ini mempunyai hasil yaitu Gerakan literasi sekolah yang bertujuan sebagai penanaman karakter siswa sekolah dasar di SD Negeri Jakenan adalah salah satunya dilakukanya kegiatan pembiasaan membaca sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.Kegiatan ini berlangsung antara 10 sampai 15 menit setiap harinya.Kegiatan ini dikoordinasikan oleh kepala sekolah serta guru .Karakter yang terbentuk dari pelaksanaan kegiatan ini adalah antara lain :tanggung jawab,gemar membaca,menghargai prestasi,rasa ingin tahu,serta religius. Dari penelitian ini disarankan guru menjadi teladan bagi siswa sehingga guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman karakter kepada siswa. Hendaknya lembaga memberikan perhatian lebih kepada kegiatan literasi dengan lebih banyak lagi menyediakan buku dan program yang mendukung menarik minat siswa untuk membaca.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abdul, M., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karkter Prespektif Islam. Bandung : Rosda Karya.
Fajarwati. (2017). Implementasi Program Literasi Sekolah Di Kelas Rendah SD Ngoto Sewon Bantul. Bandung: Bumi Aksara.
Farida, R. (2012). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hilal. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan, 3(4), 811-812.
Kesuma, D., Cepi, T., & Johar, P. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (2012). Persoalan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, A. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Megawangi, R. (2014). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Star Energy
Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muslich, M. (2013). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Webster, M. (2013). Webster’s Ninth New Collagiate Dictionary, Merriam Webster Inc.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8190
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id