HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SEHAT CERIA KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS
Abstract
Membangun sebuah konsep diri sangatlah diperlukan oleh anak-anak. Kecerdasan emosional juga harus terbentuk untuk melahirkan control diri pada anak. Artikel ini membahas tentang hubungan antara konsep diri and kecerdasan emosional pada anak usia 4-5 tahun di TK Sehat Ceria Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis Riau. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun di TK Sehat Ceria Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis berjumlah 30 orang anak. Metode yang digunakan survey dengan teknik korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi data. Teknik analisis data adalah teknik statistik dengan menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian diketahui tingkat konsep diri anak berada dalam kategori baik dan tingkat kecerdasan emosional anak berada dalam kategori cukup. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar rxy yaitu 0.6030 lebih besar dari rtabel yaitu 0.364 (0.6030 > 0.364) dengan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kecerdasan emosional. Tingkat hubungan termasuk dalam kategori kuat dengan nilai koefisien determinan sebesar 36.4%, artinya bahwa konsep diri memberi kontribusi sebesar 36.4% terhadap kecerdasan emosional, sisanya 64% ditentukan oleh variabel lain.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Goleman, D. (2010). Psikologi Kecerdasan Emosional. Surabaya: Cv Alfabeta
Deltina, M. M., Novianti, R., & Kurnia, R. (2019). Hubungan Self Concept dengan Penyesuaian Diri Pada Anak Panti Asuhan Harapan Putra di Kelurahan Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1471-1478
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djaali. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ika, F. N., & Agustina, E. (2008). Hubungan antara konsep diri dengan kecerdasan emosional pada remaja.
Iriani, I. H. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta Barat: PT Indeks.
Novan, A. W. (2014). Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosi Anak Uisa Dini.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Novan, A. W. (2016). Pendidikan Berkarakter. Jakarta: PT Citra Aji Parama.
Nur, A., & Helma, W. S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Smp Muhammadiyah 6 Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat
Nurul, F., Novianti, R., & Hukmi (2020). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Harapan Bunda Kecamtan Cerenti Kebupaten Kuantan Singing. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran
Ria, N. (2012). Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 1(1): 22-29.
Sarwono, S. W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Siti, R. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Regulasi Emosianal Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Pembina 3 Kecamatan marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jomfkip Volume 6 Edisi 2 Juli
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Yunika, N., Novianti, R., & Zulkifli, N. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Moral Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kelurahan Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis. Aulad: journal on Early Chilhood, 2 (3), 73-80.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id