KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD NEGERI 43 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi profesional Guru SD Negeri 43 Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 43 Mandau Kabupaten Bengkalis pada September 2020. Jenis penelitian adalah kuantitatif yang memberikan gambaran tentang keadaan yang sedang berlangsung pada objek penelitian yaitu Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 43 Mandau Kabupaten Bengkalis. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan yaitu seluruh SD Negeri 43 Mandau Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 16 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket melalui media google form dengan instrumen penelitian ini berupa pernyataan tentang kompetensi profesional guru dengan empat alternatif jawaban dengan jumlah 57 soal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kompetensi professional guru SD Negeri 43 Mandau Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan mencapai 80,91% dengan kategori baik. Jumlah kompetensi inti yang memperoleh nilai pada interval 85-100 dengan kategori “Baik Sekali” berjumlah 1 kompetensi inti, jumlah kompetensi inti yang memperoleh nilai pada interval 70-84 dengan kategori “Baik” berjumlah 2 kompetensi inti, jumlah kompetensi inti yang memperoleh nilai pada interval 50-69 dengan kategori “Cukup” berjumlah 1 kompetensi inti, dan jumlah kompetensi inti yang memperoleh nilai pada interval 0-49 dengan kategori “Kurang” berjumlah 0 kompetensi inti.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Akson dan Sahlan. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitiain untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruci.
Antonius. (2016). Buku Pedoman Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asmara, H. (2015). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Darmawan, P. (2016). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Univeritas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/issue/view/364. (Diakses pada tanggal 20 Juni 2020)
Efendi, N. (2013). Analisis Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Univeritas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/issue/view/217. (Diakses pada tanggal 28 Juli 2020)
Huda, M. N. (2018). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Universitas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/17835/17226. (Diakses pada tanggal 20 Juni 2020)
Kuncoro, N. W. (2013). Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Hasil Belajar IPS Siswa. Portal Garuda. (Online). http://download.portalgaruda.org/article.php?article=288944&val=7239&title=H UBUNGAN%20KOMPETENSI%20PEDAGOGIK%20GURU%20DENGAN% 20HASIL%20BELAJAR%20IPS%20SISWA. (Diakses pada tanggal 28 Juli 2020)
Kurniasih, I., dan Berlin, S. (2015). Sukses Uji Kompetensi Guru Panduan lengkap. Surabaya: Kata Pena.
Kurniasih, I dan Berlin, S. (2017). Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik Teori dan Praktik. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumirat, F. (2015). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran SD Ar-Rafi’ Kota Bandung. Jurnal Universitas Islam 45.3:2035.Universitas Islam 45. Bekasi.
Zulfah. (2016). 99,9% Lulus UjiKompetensi Guru (UKG). Yogyakarta: Bright Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id