PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII MTS DARUS SHOF

Rodiyatun Auliya, Abdul Razak, Elvrin Septyanti

Abstract


Melakukan sebuah penilaian merupakan salah satu bagian bagian yang dilakukan oleh para peneliti. Artikel ini membahas sebuah penelitian yang menguji coba pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran membaca teks deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kategori prates dan postes, serta ada atau tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya tindakan penerapan pendekatan konstruktivisme. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Darus Shofa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dengan instrumen penelitian tes pilihan berganda. Data penelitian berbentuk data rasio yang akan diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Data pada penelitian ini berkategori normal dan homogen sehingga pada tahapan analisis data menggunakan uji t satu sampel, uji t sampel independen, dan uji t sampel berpasangan. Untuk prates diperoleh nilai t hitung sebanyak -3.06 dan t tabel sebanyak 2.26. Sedangkan untuk postes diperoleh nilai t hitung sebanyak 3.29 dan t tabel sebanyak 2.26, keduanya berkategori rendah. Dengan menggunakan uji t sampel berpasangan diperoleh nilai t hitung = 1.16 dan t tabel= 2.26, Ho diterima. Artinya, tidak adanya perbedaan yang signifikan antara prates dan postes. Hal ini juga dapat terlihat dari rata-rata prates yaitu 13.3 memiliki sedikit peningkatan pada postes, yaitu 15.2.


Keywords


pendekatan konstruktivisme, membaca teks deskripsi

References


Baharudin, A, dkk. (2002). Reka Bentuk Perisian Multimedia. Johor Baru: Universitas Teknologi Malaysia.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara

Rahman, T. (2018). Katalog Dalam Terbitan (KDT) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Aplikasi Model-Model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Razak, A. (2018). Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Ababil Press.

Solimun, dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem. Malang: UB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id