ANALISIS PENGETAHUAN MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS RIAU PERIODE 2017-2019 TERHADAP ALAT MUSIK TRADISIONAL PROVINSI RIAU

Hasbullah Hasbullah, Zufriady Zufriady, Guslinda Guslinda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh, pada era globalisasi sekarang musik semakin lama semakin modern sehingga banyak calon guru sekolah dasar Universitas Riau yang melupakan musik-musik tradisional, sehingga peneliti tertarik untuk menganilisis pengetahuan mahasiswa PGSD Universitas Riau periode 2017-2019 terhadap alat musik tradisional Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 358 mahasiswa di PGSD Universitas Riau. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis yang terdiri dari soal objektif sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang mendapatkan kategori baik sekali sebanyak 92.73%. Pada kategori baik sebanyak 79.25%. Pada kategori cukup sebanyak 63.92%. Pada kategori kurang sebanyak 34.73%. Umumnya pengetahuan mahasiswa PGSD Universitas Riau berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 72.93.


Keywords


analisis pengetahuan, terhadap alat musik tradisional

References


Agus, M. (2017). Kesenian Tradisional Sebagai Sarana Strategi Kebudayaan Teknolohi Komunikasi. Jurnal Nusa, 12(1), 20-40.

Alexander, J. (2013). Modul Statistik Pendidikan. Pekanbaru: Fkip Universitas Riau.

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, F., & Suharto, S. (2017). Bentuk Musik Dan Kesenian Jamjaneng Grup Sekar Arum Di Desa Panjer Kabupaten Kebumen. Jurnal Seni Musik, 6(1), 20-35.

Galuh, P. (2013). Bentuk Pertunjukan Dan Nilai Estetis Kesenian Tradisional Terbang Kencer Baitussolikhin Di Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Artikel ISSN 2301-4091 Universitas Negeri Semarang.

Karsono. (2016). Penerapan Model Quantum Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 50-65.

Manggih, I. M. (2014). Bentuk Dan Fungsi Kesenian Tong-Tong Prek Desa Jatirejo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Jurnal Seni Musik, 3(2), 60-75.

Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Scholaria, 7(1), 90-110.

Ridwan, S. (2016). Pembelajaran Seni Musik Tematik Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Ritme, 2(2), 95-130.

Ratna, W. D. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Ryan, P., & Endang, D. (2016). Pergeseran Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture. Humanika, 23(1), 130-145.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyunsun: Skripsi, Tesis, Dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

Suardi, S. M. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Yulianti, F., & Satya, D. (2016). Internalisasi Karakter Individu Melalui Pendidikan Musik Menuju Kerangka Konseptual Sebuah Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 1(2), 30-45.

Zufriady. (2018). Ekstra Kurikuler Seni Sekolah Dasar di Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 85-95.

Zufriady. (2017). Model Pengembangan Kreatifitas Anak Melalui Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Musik Riau Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 110-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id