PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Windi Yuliani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Tingkat satuan pendidikan yang dianggab sebagai dasar penanaman ilmu untuk siswa adalah di jenjang Sekolah Dasar. Pendidikan yang ditempuh pada pendidikan dasar akan menjadi fondasi bagi proses pendidikan selanjutnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar “Batu Belah Batu Betangkup” dan mengetahui kelayakan buku cerita bergambar tersebut. Produk buku cerita bergambar ini dibuat menggunakan aplikasi Clip Studi Paint. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu Difine (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui proses validasi dengan validator. Jenis data yang dihasilkan berupa data kuantitatif yang dianalisis menggunakan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kuantitas produk. Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa produk buku cerita bergambar “Batu Belah Batu Betangkup” yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan. Penilaian ahli desain produk dengan persentase rata-rata 88.91% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli bahasa dengan persentase rata-rata 95.8% dengan kategori sangat layak, dan pengguna lapangan berdasarkan produk dengan persentase rata-rata 95.83% serta penilaian bahasa dengan persentase rata-rata 95.5% dengan kategori sangat layak dan uji coba produk respon siswa memperoleh 91.5% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar sangat layak digunakan untuk siswa Sekolah Dasar.


Keywords


media pembelajaran, buku cerita bergambar

References


Krisnawan., & Hilarius A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Anti Korupsi Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas II B SD Negeri Dayuharjo Tahun Pelajaran 2016-2017, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Lestari, M. D. (2016). Pengembangan Buku Cerita Untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial, Jujur dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarrta.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nugriyantoro, B. (2005). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : Diva press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa beta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan: reseacrh and development untuk bidang pendidikan, manajemen, dan sosial, dan teknik. Bandung : Alfabeta

Tageh, M, dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Thiagarajan, S. (2016). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana : ERIC




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id