ANALISIS PENERAPAN 3S (SALAM, SAPA, SENYUM) PESERTA DIDIK SD NEGERI 6 PEKANBARU

Asha Yuli Andiska, Zairul Antosa, Guslinda Guslinda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap peduli sosial di SD Negeri 6 Pekanbaru, di tinjau dari sikap salam, sapa, senyum yang diterapkan oleh siswa di lingkungan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi yaitu IV dan V. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara yang dilakukan bersifat tidak tersruktur, sehingga tidak menggunakan instrument yang baku hanya berpedoman pada indikator dan sikap salam, sapa, senyum. Untuk wawancara, peneliti mengambil 30 peserta didik, yaitu 15 peserta didik kelas IV dan 15 peserta didik kelas V. Hasil dari data yang diperoleh, menunjukkan bahwa sebagian peserta didik sudah mempunyai kepedulian sosial yang cukup tinggi terhadap lingkungannya, hal ini ditunjukkan dengan beberapa perilaku sosial yang mereka lakukan dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan apapun.


Keywords


deskripsi sikap peduli sosial, kepedulian sosial, salam sapa senyum

References


Admizal. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1, 163-180.

Alwisol. (2008). Psikologi kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial. (Alih Bahasa: Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga.

Darmiyati, Z. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.

Djuita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar No. 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1, 27-36.

Hidayatillah, Y. (2014). Urgensi Eksistensi Pancasila di Era Globasilasi (Studi Kritis Terhadap Persepsi Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep tentang Eksistensi Pancasila). Jurnal Exsis, 6(2), 20-34.

Mahabbati, A. (2006). Identifikasi Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Khusus (JPK), 2, 3-4.

Mahardi, D. (2013). The Power Of Care. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Masrukhan, A. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SD Negeri Kotagede 5 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 29 Tahun ke-5.2, 812.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Samani, M. (2013). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Santrock J. W. (2011). Masa Perkembangan Anak. Alih bahasa: Verawaty P & Wahyu A. Jakarta: Salemba Humanika.

Sarwono, S. W. (1997). Psikologi Sosial. Yogyakarta : Andi.

Simanjuntak, B. (1990). Pembinaan Akhlak (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet. IV.

Siregar, S. (2011). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, S. N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, S. (2019). Upaya Peningkatan Body Acceptance Baseline Melalui Gerakan Say No To Body Shaming di Kalangan Pelajar Kota Mojokerto. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat. 2, 110-119.

Pongoliu, A. H. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (Senyum Sapa dan Salam). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(3), 201-202

Trianto, B. (2015). Riset Modelling (Teori, konsep dan prosedur melakukan penelitian serta aplikasi pengolahan data penelitian dengan program LISREL). Pekanbaru: Adh Dhuha Institute

Tumanggor, R. (2016). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id