PENGEMBANGAN BUKU SAKU PENULISAN PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PARAFRASE DI SEKOLAH DASAR

Reza Wahyuni

Abstract


Artikel ini mengarah kepada menguji kelayakan buku saku penulisan puisi menggunakan teknik parafrase pada materi pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 Bahasa Indonesia  kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di rumah guru pada bulan Oktober 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis puisi. Buku saku penulisan puisi menggunakan teknik parafrase adalah panduan yang berisi langkah-langkah mudah untuk membantu dan mengatasi kesulitan siswa menulis puisi. Buku saku ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan  Disseminate. Uji kelayakan  buku saku oleh validator (ahli materi, ahli media, dan guru kelas) terdiri dari 4 aspek. Pertama, aspek kelayakan isi sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Kedua, aspek penyajian sebesar 90% kategori sangat layak.  Ketiga, aspek kebahasaan sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Keempat, aspek kegrafikan/desain sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap buku saku penulisan puisi menggunakan teknik parafrase terdiri dari 2 aspek yaitu pertama, aspek tanggapan sebesar 90% dengan kategori sangat baik dan kedua, aspek reaksi sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan buku saku penulisan puisi menggunakan teknik parafrase layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar.


Keywords


buku saku, penulisan puisi, teknik parafrase

References


Abdul, S. R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Aminuddin. (2010). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algendindo.

Anisa, D. E. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang, 3(1), 1-9.

Dyah, N. H. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinetika Kelas X SMA. https://jurnal.digilib.uns.ac.id, 1(1), 167.

Fauzi, R. (2017). Pengembangan Buku Saku Pada Materi Menulis Puisi Bebas Untuk Siswa Kelas V SD. Under Graduates Thesis, Universiras Negeri Semarang. jurnal.lib.unnes.ac.id, 66.

Herlina, Y. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. UNNES Journal Of Biology Education, 4 (1), 105.

Irwanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bebas Kelas VIII SMP XAVERIUS TUGUMULYO. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(1), 32-49.

Laksita, S. V. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dalam Bentuk Pocket Book Pada Materi Alat Optik Kelas X SMA. jurnal.lib.uns.ac.id, 3(1), 15.

Mihardja, R. (2012). Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prastyawai, L. H. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek di SMA. http://journal.uny.ac.id/index.php.hsjpi, 2(1), 21-29.

Shoim, A. (2019). Menigkatkan Pemahaman Terhadap Makna Puisi dengan Teknik Parafrase Siswa Kelas VIII-J SMP Negeri Surabaya. http://ejurnal.unitomo.ac.id.index.php/pbs, Vol.2, 1-13.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suminto, S. (2010). Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Usman, R. (2015). Penggunaan Metode Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Parafrase Puisi ke Prosa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP AL-Ittihat Pekanbaru. Jurnal SOROT , 10(2),169-178.

Wakhyudi, Y. M. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif Berbasis Komunikatif. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD Universitas Peradaban, 8(2), 118-133.

Waluyo, H. J. (2003). Apresiasi Puisi. Jakarta: PT. Garmedia Pustaka Utama.

Zainudin. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN 1 Dongko dengan Metode Prakterk. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Universitas Tadulako, 4(9), 16-31.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id