EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI 45 PEKANBARU
Abstract
Saat ini sedang terjadi perubahan mendadak pada proses pembelajaran di Indonesia. Perubahan tersebut adalah hadirnya pandemi covid-19. Perubahan cepat dalam kehidupan manusia karena virus corona, mustahil tak memengaruhi pendidikan anak-anak dan layanan sekolahnya. Semua proses belajar-mengajar yang terjadi secara formal di lembaga, dipaksa berubah total menjadi pembelajaran jarak jauh di rumah. Krisis “jangka pendek” saat ini dilalui oleh puluhan juta murid, guru dan orangtua dengan susah payah. Sebagian bertransisi dan beradaptasi dengan rasa berdaya, mencoba belajar dan mengajar tanpa batas diantara wabah. Sebagian yang lain, tanpa akses yang terjangkau, tanpa kualitas yang tersedia dan pada akhirnya menjadi korban jangka panjang dari wabah corona. Krisis belajar yang akan memperkuat kesenjangan pendidikan sampai bertahun-tahun ke depan. Banyak siswa yang mengeluh, tertinggal materi pembelajarannya, dan tidak bisa mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh guru. Karena siswa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh guru dengan media sosial. Kemajuan teknologi sekarang sangat pesat, maka dari itu untuk mengatasi pembelajaran dengan jarak jauh dapat menggunakan media sosial online, karena itu merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam kondisi saat ini. Dalam pembelajaran online siswa dapat memanfaatkan berbagai media sosial dan aplikasi-apalikasi yang berada di alat elektonik seperti handphone, laptop, komputer dan lain sebagainya. Guru juga harus selalu aktif dalam memberikan materi atau memberi informasi terkait pembelajaran online pada saat ini. Selain itu dalam pembelajaran online terdapat beberapa kemudahan dan kendala.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Arnesi, N., dan Abdul, H. K. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan (2), 88.
Depdiknas. (2003). Permendiknas No 20/2003: Sikdiknas. Jakarta: BSNP.
Abu, A., dan Uhbiyati, N. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran. Skripsi tidak dipublikasikan. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unimed. Sumatera Utara.
J. Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Kamarullah. (2017). “Pendidikan” Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Balai Diklat Keagamaan Aceh. Kemendikbud. https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/kemudahan (diakses pada tanggal (10 juli 2020)
M, Nakayama., Yamamoto H, and S. R. (2020). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of e-Learning 5(3): 195-206.
Meda, Y., dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.
Mulyaning, T. N. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan. FKIP Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Najelaa, S. (2020). Sekolah Lawan Corona. Guru Belajar. April 2020, 4.
Nasution, L. J. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Pada Kurikulum 2013 Kelas I5 SD Negeri 101871 Sidodadi Batang Kuis. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Sumatera Utara
Nindia, T. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh. Skripsi tidak dipublikasikan. UIN Ar-Raniry. Aceh.
Ridwan, A. S. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Roni, H., Acep., dan Asep, P. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasardi Kabupaten Subang. Skripsi tidak dipublikasikan. PGSD STKIP Subang. Jawa Barat.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsaputra Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Tira, M. & Maisesa, M. (2020). Merdeka Bagi Anak-Anak Paling Rentan. Jakarta: Wahana Visi Indonesia.
Waskito, D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Surakarta. Jawa Tengah.
Yuliza, P. U dan Alan, D. C. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Pada proses Pembelajaran Daring. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Teknokrat Indonesia. Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id