PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 29 PEKANBARU
Abstract
Artikel ini menjelaskan tentang sebuah studi penelitian tindakan kelas. Artikel ini menunjukkan bagaimana siswa dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui aplikasi model Quantum Teaching. Latar belakang penelitian dalam artikel ini dilihat dari rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru. Dari 37 orang siswa hanya 6 orang siswa (16.22%) yang mencapai KKM dan 31 orang siswa (83.78%) yang tidak mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 55.35. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model Quantum Teaching pada siswa kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran dan satu kali ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini terbukti nilai rata-rata yang diperoleh siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Dari skor dasar ke ulangan harian I yaitu rata-rata 55.35 menjadi 74.59. Lalu ulangan harian II meningkat menjadi 82.02. Aktivitas guru dalam penerapan model Quantum Teaching mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I 62.5% meningkat pertemuan II menjadi 79.16%, lalu pada siklus II pertemuan I 83.33% meningkat pertemuan II menjadi 91.66%. Aktivitas siswa dalam penerapan model Quantum Teaching mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I 58.33% meningkat pertemuan II menjadi 62.5%, lalu pada siklus II pertemuan I 79.16% meningkat pertemuan II menjadi 87.5%. Hasil penelitian di kelas V SD Negeri 29 Pekanbaru membuktikan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Agus, S. (2011). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Asep, J., & Abdul, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
DePorter, B. Reardon, M. & Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Terjemahan Ary Nilandari. Kaifa.
Dwi, K. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teaching di SD N Balong. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(5), 324-333.
Firdaus, M. (2015). Defenisi Silabus dan Tahapan Pengembangan Silabus. (Online). www.eurekapendidikan.com diakses 10 Maret 2017.
Hidayati, M., & Anwar, S. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Muhammad, F. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Nana, S. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalim, P. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, A., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Syahrilfuddin, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: Cendekia Insani.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainal, A., dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV Yrama Widya.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id