PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI NGEMBALREJO BAE KUDUS

Taufiqu Rohman, Sri Surachmi W, Murtono Murtono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh model Think Pair Share terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 2 Ngembalrejo Bae Kudus (2) Menganalisis pengaruh media crosswors puzzle terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 4 Ngembalrejo Bae Kudus Hasil (3) Menganalisis Pengaruh model Think Pair Share dan media crosswors puzzle terhadap minat belajar siswa dalam Matematika di SD 5 Ngembalrejo Bae Kudus. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis data dengan statistik. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi lapangan di sekolah dasar di desa Ngembalrejo. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa Kelas 5 di empat SD, yaitu SD 2 Ngembalrejo, SD 4 Ngembalrejo, SD 5 Ngembalrejo, dan SD 3 Ngembalrejo sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini, penulis menggunakan analisis statistik, yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Think Pair Share pada minat belajar matematika siswa di SD 2 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori baik, adalah 41 dalam rentang interval 41-49. 2) Media Crossord Puzzle pada minat belajar matematika siswa di SD 4 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori sangat baik, yairu 41 dalam rentang interval 41-49. 3) ) Model Think Pair Share dan Media Crossord Puzzle pada minat belajar matematika siswa di SD 5 Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori baik, adalah 52 dalam rentang interval 52-62 4) Terdapat pengaruh signifikan dari model Think Pair Share dan media crosswors puzzle untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa Sekolah Dasar di Ngambalrejo Bae Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ1 = 49.630 + 0.381X1, Ŷ2 = 50.985 + 0.342X2, Ŷ3 = 51.226 + 0.683X3. Model Think Pair Share memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0.336 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam ,meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 11.27% di SD 2 Ngembalrejo. Media crosswors puzzle memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0.345 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam ,meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 11.875% di SD 4 Ngembalrejo. Model Think Pair Share dan Media crosswors puzzle memiliki jumlah positif dan signifikan menjadi 0.356 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat berkontribusi kepada siswa dalam, meningkatkan minat belajar matematika siswa sebesar 12.647% di SD 5 Ngembalrejo.


Keywords


model think pair share, media teka teki silang, minat belajar matematika

References


Agus, S. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2020). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta : Deepublish.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV PUstaka Setia.

Masrukhin. (2014). Statistik Diskriptif dan Inferensial. Kudus: Media Ilmu Press.

Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad, F., dan Sulistyorini. (2012). Belajar & Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.

Multiyaningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Silberman, M. L. (2002). Active Learning: 101 Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Madani.

Slamet. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Srianis, K., dkk. (2014). Penerapan Metode Bermain Puzzle Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengenal Bentuk.

Sri, S. (2003). Think Pair Share Effect of Understanding the Concept and Achievement, Jurnal Internasional from The Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University Indonesia.

Rukaesih, A. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2013). Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zubaidah, A., dan Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Webster, M. (2013). Webster’s Ninth New Collagiate Dictionary. Merriam Webster Inc.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id