EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN KANEL WANI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pemahaman konsep matematis siswa sangat dibutuhkan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika guna menciptakan pembelajaran yang bermakna, salah satunya adalah media pembelajaran kain flannel warna-warni (kanel wani). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran kanel wani dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Desain pada penelitian menggunakan R&D yang mengadaptasi model Borg and Gall. Sampel yang dipilih ialah siswa kelas VI SDN 3 Tubanan sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah dan SDN 6 Tubanan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan media Kanel Wani. Efektivitas diukur melalui uji ketuntasan, uji peningkatan, uji banding hasil belajar, serta analisis aktivitas. Hasil uji efektivitas menunjukkan siswa yang mendapat media pembelajaran kanel wani memiliki presentase ketuntasan mencapai 100%, n-gain berada dalam kategori tinggi, serta rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 89 dan lebih tinggi dibanding kelas kontrol sebesar 64. Skor rata-rata aktivitas siswa kelas ekperimen sebesar 93.75 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yakni 51.53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran kanel wani efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa kelas VI SD di Kabupaten Jepara.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Agustin, dkk. (2018). Pengembangan Media Papan Flanel Desimal untuk Mencegah Miskonsepsi Pecahan Desimal pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(10), 1718-1727.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. 2(1), 1-11.
Fuadi, R., Rahmah, J., dan Said, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47-54.
Fristoni, M. (2013). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2), 210-216.
Hanifah. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Flanel pada Mata Pelajaran Membuat Lenan Rumah Tangga bagi Siswa Tunagrahita SMPLB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Skripsi.
Hidayati, N. (2016). Media Papan Flanel Jumlah Kurang Bilangan Bulat (Jurang Bilbul) untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan dan Mengurankan Bilangan Bulat. 4(10), 60-90.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Nomleni, dkk. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang.
Putra, A.R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Computer Berbasis Kontruktivis untuk Kelas X SMK pada Materi Geometri. (Tesis Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang).
Rahayu, P., dan Hendrik, P. P. (2018). Pengembangan Media Papan Flanel Berputar untuk Membantu Guru Memahamkan Materi Dampak Globalisasi terhadap Siswa SD. JPGSD. 6(4), 546-556.
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 121-126.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sansabila, H. (2020). Keefektifan Media Permainan Monopoli Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negerri Tegal Wangi 02 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabetta: Bandung.
Indrawati & Rusmayadi, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Power Teaching Berbasis Konstruktivistik dalam Pembelajaran Matematika. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 263-276.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id