PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI KOTA PEKANBARU

Shinta Purnama Sari, Daeng Ayub Natuna, Afrianto Afrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kompetensi pedagogik guru Matematika SMP Negeri kota Pekanbaru, 2) pengaruh literasi numerasi terhadap kompetensi pedagogik guru Matematika SMP Negeri kota Pekanbaru, 3) pengaruh antara kecerdasan emosional dan literasi numerasi secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik  guru Matematika SMP Negeri kota Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah Guru Matematika SMP Negeri Kota Pekanbaru yang berjumlah 181 orang dan sampel penelitian berjumlah 125 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket untuk variabel kecerdasan emosional dan literasi numerasi dan untuk kompetensi pedagogik berdasarkan nilai PKG. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data untuk analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 25 for Windows.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional (X1) dan literasi numerasi (X2) terhadap kompetensi pedagogik guru Matematika (Y) di SMP Negeri kota Pekanbaru dan besar pengaruhnya 29.30% dengan tafsiran rendah, karena masih terdapat sebesar 70.70% ditentukan oleh faktor lain. Pengaruh ini digambarkan oleh setiap kenaikan satu satuan pada kecerdasan emosional (X1) diikuti dengan peningkatan kompetensi pedagogik guru Matematika (Y) sebesar 0.418 satu satuan dengan asumsi bahwa variabel literasi numerasi (X2) tetap dan setiap kenaikan satu satuan pada literasi numerasi (X2) diikuti dengan peningkatan kompetensi pedagogik (Y) sebesar 0,451 satu satuan dengan asumsi bahwa variabel kecerdasan emosional (X1) tetap. Temuan ini bermakna bahwa semakin baik kecerdasan emosional dan literasi numerasi guru Matematika, maka akan semakin baiklah kompetensi pedagogiknya.


Keywords


kecerdasan emosional, literasi numerasi, kompetensi

References


Daniel, G. (2016). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Daniel, G. (2019). Emotional Intelligence: Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Farinia, F. (2018). Literasi Numerasi Dalam Pengembangan Klub Steam & Wirausaha Di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Laurence, A.S. Arul dan T. Deepa. (2013). Emotional Intelligence and Academic Achievement of High School Students in Kanyakumari Distric. Personality and Individual Journal, 3(2), 60-70.

Nurmayuli. (2020). Hubungan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kompetensi Pedagogik Guru Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Al-Mabhats, 8(3), 80-95.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ruzlan, M. A., Hamida, B. B., dan Fahains, M. Y. (2016). Experienced Primary School Teachers’ Thoughts On Effective Teachers Of Literacy And Numeracy. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13, 43-64.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Susanto, R., & Yuli A. R. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik: Teori, Konsep, dan Konstruk Penngukuran. Depok: Rajawali Pers.

Weilin, H., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemendikbud.

Yunus, A., dkk. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id