PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN MENYIMAK UNTUK SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nur Kharisma, Auzar Auzar, Elvrin Septyanti

Abstract


Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan prosedur pengembangan dan bentuk instrumen tes keterampilan menyimak untuk siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama yang dihasilkan. Penelitian ini berbasis daring menggunakan google formulir. Pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengembangan dilakukan beberapa tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan (Analysis), (2) desain produk (Design), (3) pengembangan produk awal (Development), (4) uji coba produk awal (Implementation), (5) revisi produk awal (Evaluation), (6) uji coba produk revisi, (7) revisi produk revisi. Uji coba dilakukan kepada siswa kelas IX SMP/MTs dengan tekni accidental sampling. Pengembangan ini menghasilkan tes berbasis google form  yang terdiri dati biodata untuk peserta tes, rekaman cerpen sebagai bahan simakan berdurasi 11 menit , 25 soal (22 pilihan ganda dan 3 jawaban singkat) lengkap dengan kunci jawaban berjumlah 951 kata, memiliki skor yang berbeda pada setiap soal, dan rubrik penilaian tes keterampilan menyimak. Uji coba produk awal diperoleh responden sebanyak 20 orang. Revisi yang peneliti lakukan, yaitu (1) merevisi soal dan petunjuk pengerjaan soal, (2) mengganti beberapa komponen penilaian yang kurang baik, dan (3) mengganti beberapa pilihan kata yang kurang tepat. Revisi yang peneliti lakukan, yaitu (1) merevisi durasi instrumen tes keterampilan menyimak, (2) merevisi soal dan petunjuk pengerjaan soal, dan (3) mengganti beberapa pilihan kata yang kurang tepat.


Keywords


efektivitas, materi ajar, menulis teks deskripsi

References


Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar, W. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Molenda, M. (2008). Educational Technology: An Encyclopedia. Santa Barbara: A Kolvachick & K. Dawson, Ed’s.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet, St. Y. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Sukarta: LPP UNS dan UPT.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sumarno, A. (2012). Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: Elearning Unesa.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Surapranata, S. (2007). Panduan Penulisan Tes Tertulis Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2008). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Widoyoko, S., & Eko, P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id