ANALISIS PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KABUPATEN GOWA

Hamzari Hafid, Sitti Aida Azis, Andi Sukri Syamsuri

Abstract


Artikel ini membahas tentang perangkat pembelajaran membaca permulaan di kabupaten Gowa yang meliputi kesesuaian media pembelajaran membaca permulaan di Kabupaten Gowa, kesesuaian buku membaca permulaan, dan kesesuaian lembar kerja peserta didik membaca permulaan di Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian ini. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumen yang hasilnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan diberapa sekolah dasar di Kabupaten Gowa meliputi SD Negeri Paccinongang, SD Inpres Mangasa, SD Inpres Tetebatu I dan SD Inpres Kananga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil analisis perangkat pembelajaran membaca permulaan di kabupaten Gowa dari aspek kesesuaian media perangkat pembelajaran sudah memenuhi enam aspek kirteria media pembelajaran, dari segi kesesuaian buku ajar telah memenuhi syarat sepuluh kriteria buku yang berkualitas dan dari segi kesesuaian lembar kerja peserta didik membaca permulaan juga sudah memenuhi syarat lembar kerja peserta didik yang benar.


Keywords


membaca permulaan, perangkat pembelajaran, media, buku ajar, LKPD

References


Aan, K., & Djam’an, S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Agustin, M. (2011). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Agus, R. (2013). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia yang Bermuatan Nilai Kewirausahaan, (Online) Vol. 2 No. 1 (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka, diakses 19 November 2020)

Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Al Quranul Karim. (2012). Jakarta: CV Darus Sunnah

Alfiyanti, D. (2016). Cara Kreatifku Mengajar. Jakarta: Esensi.

Amiruddin. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Anas, S. (2013). Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andi, P. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Anisatun Nafi’ah Siti. 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aqib, Z. (2015). Model-Model Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

B.P. Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto dan Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Pengembangan Sekolah Model dan Pola Pengimbasan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Modul Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Modul Hakikat Bahasa Indonesia. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Modul 5 Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan TInggi.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Elok, P., & Heri, M. Z. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. (https://core.ac.uk/download/pdf/328101650.pdf)

Imas, K., & Belin, S. (2014). Buku Teks Pelajaran. Surabaya: Kata Pena.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id