FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Silvia Handayani, Marlina Marlina, Desyandri Desyandri

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar dimasa pandemi covid-19 (corona virus disease). Studi ini dilakukan dengan metode studi literatur. Literatur yang dikaji dapat berupa artikel, laporan, majalah, berita, dan lain sebagainya yang dapat dijadikan landasan dalam pengkajian sebuah topik. Hasil dari kajian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa sekolah dasar di masa pandemi seperti faktor pola asuh orang tua, penyajian pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh guru, dan adanya dukungan dari pemerintah dalam mendukung dan membantu dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.


Keywords


motivasi belajar, siswa sekolah dasar, masa pandemi

References


Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16.

Alfiansyah, I. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 121–129.

Amirudin, A., Karochman, M. A., & Aliyah, A. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37–46.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Fitrah, M., & Ruslan, R. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178–187.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pub. L. No. 4 (2020).

Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1).

Majid, N. W. A., Abukhair, A., Alfathin, A., Ummah, A. H., & Wardani, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Efektif di Rumah Saat Pandemi Covid-19 Kepada Warga Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(1), 1–7.

Pakiding, S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri Kecamatan Samarinda Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 237–249.

Puput, A., & Surjanti, J. (2021). Peranan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 794–805.

Purwanti, K. N., Magdalena, I., Silitonga, E. A., & Silfia, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Masa Pandemi di SDN Panunggangan 1. Jurnal Sosial Sains, 1(2), 63–74.

Puteri, W. A., Maharani, D. A., & Wulandari, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Sd N 1 Serayu Larangan. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 122–129.

Rohmaniyah, N. A., Khamdun, K., & Widianto, E. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua pada Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Pelemkerep. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 117–124.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201–212.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Wahyuni, E. N. (2020). Motivasi belajar. DIVA Perss.

Wulandari, J. I. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Dabin Vi Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Unnes.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id