ANALISIS NILAI KARAKTER KOMUNIKATIF DALAM TRADISI BASIACUONG DI KABUPATEN KAMPAR

Dona Susanti, Guslinda Guslinda, Otang Kurniaman

Abstract


Artikel ini menjelaskan bagaimanamendeskripsikan nilai karakter komunikatif yang terdapat dalam tradisi basiacuong di Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter komunikatif pada tradisi basiacuong.Adapun bentuk nilai karakter komunikatif yang terdapat dalam tradisi basiacuong yaitu (1) sikap saling menghargai pendapat dengan cara mendengarkan dengan seksama pendapat orang lain serta tidak merasa bahwa dirinya paling benar; (2) saling memberikan dukungan kepada teman dengan memberikan penilaian positif serta menggunakan kalimat yang mengandung nilai kasih sayang saat berkomunikasi; (3) mau berbagi dengan orang lain dengan berbagi ilmu, pendapat maupun ide yang di miliki; (4) bermusyawarahuntuk memecahkan masalah dengan melakukan perundingan-perundingan untuk mengatasi persoalan; (5) mengutamakan kepentingan bersama dengan menjalankan tugas sebagai pemangku adat dengan penuh tanggung jawab; (6) sikap demokratis dengan melakukan musyawarah dan menghasilkan mufakat; (7) gotong-royong dengan menyampaikan ide dan pendapat yang dimiliki untuk mencapai tujuan bersama dan (8) kerjasama dalam kelompok saat pemangku adat bersama-sama saling membantu agar tujuan kegiatan yang di laksanakan dapat tercapai.


Keywords


nilai karakter; komunikatif; tradisi; basiacuong

References


Azra, A. (2003). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Bart, S. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarna Indonesia.

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 1-18.

Hamid, A., Riswan, J., & Dewi, K. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Tanjung Raja. Jurnal Profit. Universitas Sriwijaya, 5(1), 1-17.

Kurniawan, M. W., dan Adi, S. K. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 7-16.

Mulyani, D., dkk. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.

Narimawati, U. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Pebrianti, Y. (2016). Kajian Penyusun Dokumen Sistem (Panduan, Prosedur dan Formulir) Guna Mendukung Manajemen Mutu Perpustakaan. Jurnal Pari, 2(2), 78-89.

Poerwadarminta. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pranata, R. H., dan Umi, H. (2017). Interaksi Sosial Suku Sunda Dengan Suku Jawa (Kajian Akulturasi Dan Akomodasi Di Desa Buko Poso, Kabupaten Mesuji. Jurnal Swarnadwipa, 1(3), 179-190.

Pratiwi, I. A., dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 178-182.

Rahman, A., dan Supriyadi. (2015). Pembentukan Sikap Demokratis Melalui Fungsi Musyawarah Pada Pengurus dan Anggota HMPS PPKn Universitas Ahmad Dahlan Periode 2013-2014. Jurnal Citizenship, 4(2), 123-138.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. UIN Antasari Banjarmasin, 17(33), 81-95.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, L., dan Kartika, C. S. (2019). Analysis of Communication Skills in Class IV Elementary School Students in Learning Entrepreneurship Through SRBP Models in SDN 3 Krakal. Jurnal SHEs: Conference Series, 2(1), 289-293.

Widuri, N. R. (2018). Implementasi Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan) di Kalangan Pustakawan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 659-667.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id