PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Siska Evelina Br Depari, Saut Mahulae, Regina Sipayung, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel melaporkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar pada kelas V SDN 040529 Ajibuhara kecamatan Tiga Panah kabupaten Karo tahun pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian dalam artikel ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan melibatkan sampel sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model STAD termasuk kategori baik sekali dengan rata-rata 80,64. Diperoleh pengujian normalitas dengan nilai signifikansi 0,20 maka 0,20 > 0,05 data kelas V berdistribusi normal. Pada pengujian kolerasi, koefisien korelasi sebesar 0,371 dengan signifikansi 0,040, artinya rhitung (0,371) > rtabel (0,355). Maka ada korelasi positif antara model STAD tehadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Hasil pengujian uji-t dimana   ≥  yaitu 2,150 > 1,826 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


hasil belajar, model pembelajaran kooperatif STAD, matematika

References


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chris, H. dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( Stad ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sd Swasta Harvad Medan Tahun Pembelajaran 2019 / 2020. Jurnal Pendidikan, XII(1), 104–12.

Fitrina, K. Margiati, dan Mastar, A. (2013). Pengaruh Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 36 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 2(2), 1-20.

Giantara, M., Surya, M., dan Oka, G. A. 2014. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus V Kecamatan Marga. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 20-40.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. ed. Husnur Abadi. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Isjoni, H. (2014). Coopertative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani. (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Pustaka.

Kurniasih, I., dan Berlin, S. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. ed. Adi Jay. Jakarta: Kata Pena.

Rosandi, D., Eka, S., dan Syarbaini, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Mis Hidayatussalam. Jurnal Pendidikan, 2(1), 44-60.

Rusman. (2019). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik Dan Riset. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sipayung, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Somatif Audiotori Visual Dan Intelektual Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematika, Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–7.

Slameto. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subana, M. R., dan Sudrajat. (2010). Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. (2017). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sunilawati, N. M., Nyoman, D., dan I Made, C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia grup.

Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Yusron, N. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. ed. Zubaedi. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id