ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 6 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Zikri Zikri, Hadriana Hadriana, Sumarno Sumarno

Abstract


Setiap sekolah sebagai suatu organisasi memiliki kendala di luar lingkungannya yang mempengaruhi cara menjalankan aktivitasnya. Kendala tersebut dapat mengubah dan menentukan ketidakpastian lingkungan organisasi sekolah, karena membuat lingkungan menjadi dinamis dan kompleks. Ketidak pastian lingkungan membuat kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi sulit untuk mengontrol arah institusi untuk mencapai tujuan mereka.Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan kepala SMP Negeri 6 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu dan 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala SMP Negeri 6 Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif, dengan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan trianggulasi sumber, metode dan teori.Hasil penelitian ini diketahui bahwa tipe kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah di SMP Negeri 6 Rambah Samo adalah managerial learship sesuai dengan teori Bush. Aspek pada gaya kepemimpinan yang telah berjalan dengan baik seperti inisiatif bawahan, pemberian sanksi/hukuman, pemberian penghargaan terhadap prestasi, dan rapat kerja. Namun aspek gaya kepemimpinan seperti pengambilan keputusan, menjalin komunikasi, membagi tugas, memonitoring/pengawasan pelaksanaan tugas masih perlu ditingkatkan.


Keywords


gaya kepemimpinan, kepala sekolah

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, A. Q., & Suwatno. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri Bandun. Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (2) 2, 246-253.

Harahap, S.S. (2004). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kartono, K. (2003). Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salim, P., & Yenny, S. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press

Salinan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,

http://kemendikbud.go.id/main/files/dowload/f7ff9f28e7236c7 [accessed date: 19 januari 2021]

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto & Aisiyah. (2010). Analisis Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Kerja Dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen. Magistra No. 74 Tahun XXII. ISSN 0215-9511. hal. 35-37. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta.

UU No. 20 Tahun 2003 http://luk.staff.ugm.ac.id [accessed date: 15 januari 2021]




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id