MANAJEMEN PROGRAM EKSTRAKURIKULER ENGLISH DAY DI SMP INDONESIAN CREATIVE SCHOOL

Roy Taslim, Jimmi Copriady, Sri Kartikowati

Abstract


Pembelajaran bahasa inggris belum maksimal karena kurangnya penerapan bahasa inggris tersebut dalam bentuk komunikasi atau berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris baik itu di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah dari program berbahasa Inggris dalam satu hari penuh (English Day). Berdasarkan hasil temuan dari wawancara beberapa orang guru termasuk guru bahasa inggris di SMP Indonesian Creative School Pekanbaru, masalah yang paling penting adalah siswa malu dan takut  dalam berkomunikasi dengan guru-guru mereka sendiri pada hari yang sudah ditentukan dalam English Day.


Keywords


ekstrakurikuler, english day, berbicara

References


Ade, O., Herpratiwi, H., & Muhammad, S. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas English For Children Di English Smart Bandar Jaya. Universitas Negeri Lampung. Lampung

Ade, S. (2011). The Influence of English Day Program to students speaking Ability at The Second year of State Islamic Senior High School 2 (MAN 2 Model) Pekanbaru [skripsi]. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Artiyana, R. N. (2017). Implementasi Program Bahasa Inggris Di Sdit Luqman Al Hakim Internasional. [Skripsi PGSD]. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Askhabul, K. (2017), Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3 (1), 1-20.

Hidayah. A & Murdibjono. (2013). A Study On English Extracurricular Activities At Smpn 2 Pandaan. Jurnal Bahasa, 2, 12-30.

Muhammad, L. (2016). “English Day”, Ketika Bahasa Inggris bagai Siksa Neraka... Kompas. Edukasi. https://edukasi.kompas.com/read/2016/04/13/17270071/.english.day.ketika.berbahasa.inggris.bagai.siksa.neraka.?page=all diunduh 16 mei 2019

Karsela. R. (2017). A Study on English Material for Extracurricular activities at 4th Grade of MIN 1 Medali – Mojokerto [tesis]. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Latifah, N.R, dkk. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Nemarang. Jurnal Bahasa, 1, 64-80.

Liyanni, S.M. (2015). An Analysiss of Students’ Speaking Activity on English Day at SMA Taruna Bumi Khatulistiwa in Academic Year 2012/2013 [artikel penelitian]. Pontianak: Tanjung Pura University.

Octovany, S. (2018). Students’ Perception on the Role of English Day Program in Speaking Skills Development. Vol. 4. No. 2 Hal. 106.

Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik (PERMENDIBUD) No.62 Tahun 2014 tentang Kegiatan ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Prihatin, E. (2014). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Salinan Lampiran Peraturan menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik (PERMENDIBUD) No.81 A Tahun 2013 Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum (Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler)

Si Manis. (2019). Pengertian Ekstrakurikuler, Fungsi, Tujuan dan Jenis Ekstrakurikuler menurut Para Ahli Lengkap. https://www.pelajaran.id/2019/21/pengertian-ekstrakurikuler-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler-menurut-para-ahli.html diunduh tgl 13 mei 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id