EFEKTIVITAS APLIKASI ZOOM DALAM E-LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Fitria Husna Fadhilah, Sekar Dwi Ardianti, Mohammad Syafruddin Kuryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi zoom terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pre-eksperimen design one group pretest-posstest design. Subjek penelitian ini yakni, peserta didik kelas 5 SD 2 Garung Kidul dengan menggunakan teknik sampling jenuh, bervariabel terikat minat belajar peserta didik dan variabel bebas aplikasi zoom. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi dan angket dengan analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS IBM 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan menggunakan uji paired sample t-test dengan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0.00 lebih kecil dari 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan artian terdapat perbedaan skor pretest dengan posttest dari penggunaan aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar. Selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain Score dengan perolehan hasil sebesar 60% dari nilai minimal 1.6% dan maximal 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi efektivitas pada penggunaan aplikasi zoom dalam e-learning terhadap minat belajar peserta didik sekolah dasar.


Keywords


efektivitas, aplikasi zoom, minat belajar

References


Ardianti, S. D., Ulya, H., & Ismaya, E.A. (2018). PAKEM dalam Kurikulum 2013. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Ardianti, S.D., Fakhriyah, F., & Wulandari, S. (2016). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1 (1), p-ISSN 2540-8739.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Fikri, H. (2020). E-Learning dan Covid-19. Times Indonesia, hal 4. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/257426/elearning-dan-covid191/

Hanafi, H. (2019). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Haqien, D dan Rahman, A.A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5 (1), p-ISSN 2527-967X.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 3 (2), p-ISSN 2088-351X.

Monica, J & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio, 2 (9). DOI: https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416

Pratiwi, A.D., Afandi, & Wahyuni, E.S . (2019). Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019.

Raharjo, S. 2016. Cara Uji Paired Sample T-Test dan Interpretasi dengan SPSS. [Online] www.spssindonesia.com diakses pada 05 Januari 2021.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siarti, E.D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Solikha, N., Suchainah., & Rasyida, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11 (1), ISSN: 2087-4804.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi Pertama). Jakarta: Prenamedia Group (Kencana).

Supriyanto, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. MODELING, 5 (1),p-ISSN 2441-3661.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing

Usman, M.U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaakiyan, E.D., Asyafah, A., & Supriadi, U. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered-Heads-Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Akhlak Kelas X. Jurnal Tarbawy, 4 (1), p-ISSN 2580-6181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id