POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK DI DESA PAREN JEPARA
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan bentuk sikap tanggung jawab anak dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Paren Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pola asuh orang tua merupakan pola asuh orang tua dalam melaksanakan peranannya sebagai pengasuh, pendidik, serta pendamping bagi anak-anaknya. Jenis pola asuh orang tua ada tiga yakni demokratis, permisif, dan otoriter. Tanggung jawab merupakan sikap yang dimiliki individu untuk melakukan kewajibannya serta siap menanggung segala konsekuensi atas perkataan dan tindakan yang dilakukan. Subjek penelitian ini terbatas pada empat anak SD usia 8-10 tahun dalam perkembangan sikap tanggung jawabnya. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan acuan konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak menyebabkan perkembangan sikap tanggung jawab anak yang berbeda satu sama lain. Terdapat satu anak yang mendapat pola asuh otoriter mengakibatkan sikap tanggung jawab yang dimiliki anak masih rendah. Satu anak mendapat pola asuh demokratis sehingga anak memiliki sikap tanggung jawab yang baik dan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Dua anak mendapat pola asuh permisif yang menyebabkan anak miliki sikap tanggung jawab yang cukup baik.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aisyah, A., Nusantoro, E., dan Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3 (3 SE-Articles). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i3.3783
Ardianti, S. D., Khamdun., & Rositania, L.W. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Di Desa Trangkil Rw 02. Jurnal Edukasi Tematik. 2 (1), 30-42.
Ardianti, S. D., Kanzunnudin, M., & Pratiwi, Ika. R. Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. 7 (2).
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, V(1).
Damayanti, F. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap sosial Anak Di Kelompok B1 Tk Kemala Bhayangkari 01 Pim Staf Besusu Tengah.
Dewi, A. P. (2021). Penggunaan Skide Interaktif Pada Pembelajaran Daring Materi Substansi Genetik Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2 (1), 56-61.
Ery, N. (2015). Tanggung Jawab Seorang Siswa SD Yang Terindikasi Berkepribadian Introvert. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Handayani, R. Imaniar Purbasari, dan Deka Setiawan. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, XI(1).
Haris, I. N., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap sikap Tanggung Jawab. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang. 4(2).
Kanzunnudin, M., Khamdun., & Nadhifah, I. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio. 7 (1), 91-96.
Muktadin, Z. (2010). Pola Pengasuhan dan Gangguan Kepribadian. Pesona PAUD, I(1).
Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, I(1).
Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 6 (2), 134-141.
Rohmah, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Sadiyah, H., Edi Rohendi, dan Leli Halimah. (2017). Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Anak Melalui Kegiatan Cooking Class. Jurnal Cakrawala Dini, VIII(1).
Shochib, M. (1998). Pola Asuh Orang Tua Untuk Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Soraya, S. U. (2015). Pengaruh metode Multisensori Dalam MENINGKATKAN Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal PGMI. 2 (1), 38-48.
Sukirman. (2010). Seri Pengasuhan Positif. Jakarta : Kemendikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id