UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA SISWA KELAS IV SD

Anita Br Sembiring, Ester Julianda Simarmata, Juliana Juliana, Patri Janson Silaban

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku dengan menggunakan pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) di kelas IV SD Negeri 044857 Mardingding Kecamatan Mardingding. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pretes diperoleh bahwa nilai rata-rata 62.95 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 22.22%. Pada siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dengan nilai rata-rata 71.95 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 40.74%. Dan setelah tindakan yang dilakukan dan diberikan postes siklus II maka diperoleh sebanyak 27siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 6 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata posttes siklus II meningkat meningkat menjadi 81.97 dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 84.61%. Dari hasil yang diperoleh dan disimpulkan bahwa model Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 044857 Mardingding Tahun Pembelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


hasil belajar, media pembelajaran inside outside circle (IOC)

References


Ahmad, S. (2013). Teori Belajar Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Andhika, I. M. E., & Wiyasa, I. W. R. S. I. K. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar IPS. Pgsd, 1(1), 12–18.

Arikunto. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian (4th ed.). Jakarta: PT Rinekka Cipta.

Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc)) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.180

Bayu, G. W., Pendidikan, P., Sekolah, G., Ganesha, U. P., & Matematika, H. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle. 1, 28–39.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan (7th ed.). Jakarta: PT Raneka Cipta.

Dimyant, & Mudjino. (2015). Pelajaran dan Pembelajaran (3rd ed.). Jakarta: PT Raneka Cipta.

Djamarah, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran (7th ed.). Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2019). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (5th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Istirani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (3rd ed.). Medan: Media Persada.

Istirani, & Pulungan, I. (2019). Ensiklopedi Pendidikan (2nd ed.). Medan: Media Persada.

Jauhar, S., Kadir, A., & Wahyu, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 215 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 34. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5067

Jihad. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khariani. (2019). Psikologi Belajar (3rd ed.). Jakarta: Bumi aksara.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran (4th ed.). Medan: CV Solusi Distribusi.

Kurniawan, D. (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Lubis, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publising.

Mayra, G. (2013). No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Murtadlo, A., & Aqib, Z. (2020). Kumpulan Metode Pembelajaran (2nd ed.). Bandung: CV Yrama Widya.

Priansa, D. (2015). Manajemen Pesertadidik dan Model Pembelajaran (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu (1st ed.). Jakarta: Raja Grafindo.

Simarmata, E. (2016). Penerapan Mode Pembelajaran Snowbell Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD KARTIKA I-1. 1–6.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi (5th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Trianto. (2016). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progreif. Yogyakarta.

Yuniasih, & Yulianti. (2019). Telaah Kurikulum (1st ed.; N.Yuniasih, ed.). Malang: CV Media Sutra Atiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id