PERANAN PEMBELAJARAN DARING KELAS III SD FREE METHODIST-2

Dewi Ulina Ginting, Rumiris Lumban Gaol, Dyan Wulan Sari HS, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pembelajaran daring kelas III SD Free Methodist 2 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Free Methodist 2 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SD Free Methodist 2 Medan, dapat diambil kesimpulan bahwa, pembelajaran daring efektif dilaksanakan saat adanya pandemi karena untuk memutus penularan virus corona. Dan sebaiknya guru kalau membuat modul materinya harusnya lengkap jangan pula saat membuat pertanyaan siswa mencari jawaban dari google, karena saat pandemi ini sebaiknya siswa dilatih untuk mencari jawaban dari catatannya saja. Lalu sebaiknya saat masa pandemi ini guru harus berperan aktif kepada siswa, dimana guru melakukan videocall sama siswanya jangan hanya mengirim tugas di grup WhatsApp saja. Hasil pembahasan dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penelit di SD Free Methodist 2 Medan menyebutkan bahwa pembelajaran daring efektif dilaksanakan saat pandemi untuk memutuskan rantai virus corona dan siswa berprestasi merasa bosan dengan pembelajaran daring karena mereka kurang memahami materi yang diberikan oleh guru. Mereka lebih memahami jika saat diberikan materi dijelaskan atau diterangkan oleh guru karena menurut mereka lebih gampang memahami saat dijelaskan atau diterangkan oleh guru karena saat pembelajaran daring orangtua tidak mampu untuk menjelaskan materi yang diberikan oleh guru.


Keywords


peranan, pembelajaran, daring

References


Asep, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jakarta: Alfabeta.

Akhyak. (2021). Akademisi Dalam Lingkaran Daring. Jakarta: PT Gramredia.

Gusty, S., Nurmiati, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Leuwol, N. V., Sahabuddin, A. A. A., Hastuti, P., Setiantio, A. Y., Metanfanuan, T., Uktolseja, L. J., Jamaludin, Gaspersz, S., Karwanto, Rante, E., & Warella. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (JannerSimarmata (ed.)).

Hakim, R. T. Y. Al. (2021). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2, 231–248.

Makki, M. I., & Aflahah. (2017). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Moh.Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Naibaho, M. R., Gaol, R. L., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Dengan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Aquinas, 6(2), 262–268.

Padangsidimpuan, I. (2017). Belajar DAN Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Aquinas, 03(2), 333–352.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia.

R. Gilang. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19.

Sarwa. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Jurnal Aquinas, 6 (1), 100-112.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia.

Wijoyo, H. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Aquinas, 5(2), 70-80.

Yuliana, M., Simarmata, J., Mahawati, S., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Penerapan. Jurnal Aquinas, 6(2), 80-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id