PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PENGUASAAN MATERI MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN

Yuliantoro Yuliantoro, Supentri Supentri, Yanuar Al Fiqri

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif secara observasi yang berfungsi untuk melihat “Peningkatan Keaktifan dan Penguasaan Materi Mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kajian referensi berhubungan tentang pembelajaran. Penelitian ini menitikberatkan dalam pengamatan pelaksanaan pembelajaran terhadap keaktifan dan peningkatan penguasaan materi pembelajaran melalui beberapa pendekatan model pembelajaran. Hasil penilitian menunjukkan keaktifan sesudah perlakuan merupakan aktivitas pembelajaran yang berusaha untuk merangsang seluruh indra yang ada pada mahasiswa dalam proses pembelajaran sehingga hal ini merupakan upaya mahasiswa dalam memperoleh pengalaman belajar dalam aktivitas keaktifannya. Pengamatan dan penilain dalam fokus penelitian ini, peneliti mengunakan dua penilaian pertama dengan cara pengukuran terhadap kompetensi penguasaan materi tanpa mengunakan pendekatan model pembelajaran menunjukkan rata-rata penguasaan materi mahasiswa adalah 68 %, hal ini juga memiliki penilaian secara kategori mendekati baik, tetapi ketika dilakukan perlakukan dengan mengunakan pendekatan model pembelajaran jaring laba-laba dan tongkat berjalan dalam aktivitas diskusi lebih hidup bahkan berdampak kepada tingkat penguasaan materi pembelajaran yang dikuasa mahasiswa menunjukkan rata-rata berjumlah 90 %, hal ini menunjukkan kategori sangat baik penguasaan materi yang dimiliki oleh mahasiswa.


Keywords


keaktifan, penguasaan materi, model pembelajaran

References


Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husama, Y. P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM.

KEMENDIKBUT, K. (2021). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/modifikasi. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/modifikasi: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/modifikasi

Martinis, Y. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivism. Jakarta: GP Press.

Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenanda Media Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id