PENGARUH HAFALAN AL QUR’AN TERHADAP ASPEK PSIKOLOGIS DAN MOTIVASI BELAJAR HAFIDZ HAFIDZAH AL QUR’AN

Qonita Lillah

Abstract


Artikel ini membahas tentang bagaimana mengetahui pengaruh hafalan AlQuran terhadap kesejahteraan psikologis dan motivasi belajar pada hafidz dan hafidzah di Institut Tinggi Ilmu Al-Qur’an (IIQ) An-Nur, serta mengembangkan rasa satisfaction (kepuasan) atas nikmat hafalannya yang telah dianugrahkan oleh Allah SWT. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah subjek yaitu 42 hafidz dan hafidzah yang sudah mmapu menghafal 1-5 juz. Teknik yang dipakai untuk mengumpulan data  ialah wawancara, pengamatan, angket dan dokumentasi. angket dalam penelitian ini yakni angket hafalan AlQuran, angket kesejahteraan psikologis dan angket  motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear sederhana. Dari analisis regresi linear sederhana dengan tingkat signifikansi atau probalilitas 0.000 < 0.05. Diperoleh dua  kesimpulan yakni nilai Sig sebesar 0,029  pada analisis hafalan AlQuran dan motivasi belajar, ini berarti hafalan AlQuran memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 11.4%, dan nilai Sig sebesar 0.031 pada analisis hafalan AlQuran dan kesejahteraan psikologis, ini artinya hafalan AlQuran juga berpengaruh terhadap kesejahteraaan psikologis sebesar 11.2%.


Keywords


hafalan al-Quran, kesejahteraan psikologis, motivasi belajar

References


Aas, S. S. B. F. (2010). Kesejahteraan Psikologis Pada Santri Penghafal Al-Qur’an. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Abdul, C., & Cecep. (2017). Pemanfaatan Teknolog Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal ilmiah Indonesia, 7(2), 60-70.

Athirah, A., & Putri. (2016). Hubungan Minat, Motivasi Belajar Dan Sikap Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Makassar. Journal of EST, 5 (3), 20-30.

Barak, M., Watted, A., & Haick, H. (2016). Computers & Education Motivation to learn in massive open online courses : Examining aspects of language and social engagement. Computers & Education.

Chang, D.,& Lin,S. (2011). Motivation to learn among older adults.

Cook, D. A., & Jr, A. R. A. (2016). The cross-cutting edge Motivation to learn : an overview of contemporary theories.

Diener, E., & Seligman, M. E. P. (2004). Toward an Economy of Well-Being.

Diener, E., Wirtz, D., Biswas-diener, R., Tov, W., Kim-prieto, C., Choi, D., & Oishi, S. (2009). New Measures of Well-Being.

Dodge, R., Daly, A., Huyton, J., & Sanders, L. (2012). The challenge of defining wellbeing. International Journal of Wellbeing.

Hidayat, F. (2017). Kajian Psikologi Pembelajaran Hafal Qur’an Bagi Anak Usia Dini.

Ismail, N. (2015). Metode Penelitian untuk Studi Islam. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Keyes, C. L. M., Shmotkin, D., & Ryff, C. D. (2002). Optimizing Well-Being : The Empirical Encounter of Two Traditions.

Khan, T., Johnston, K., & Ophoff, J. (2019). The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students.

Life, M., Ivtzan, I., Chan, C. P. L., Gardner, E., & Prashar, K. (2019). Linking Religion and Spirituality with Linking Religion and Spirituality with Psychological Well-being : Examining Self-actualisation , Meaning in Life , and Personal Growth Initiative.

Machin, M. A. (n.d.). Predictors of motivation to learn when training is mandatory. Maktabah Syamilah.

Manna’ Khalil Al-Qattan. (2016). Studi Ilmu Ilmu Qur’an, Litera Antar Nusantara, Bogor.

Muhsin, A., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Hafalan Juz ‘Amma di Madrasah Diniyah Tafaqquh Fiddin Darul Ulum Terhadap Hasil Belajar Alquran dan Hadis di MTsN Rejoso Peterongan 1. Jurnal Pendidikan Islam, 8 (4), 70-85.

Nurhayati, S. L., & Rifqi, F. S. (2021). Pengaruh Hafalan Al-Quran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Firdaus Cipatat Bandung. Jurnal Syntax Fusion , 2(3), 80-95.

Rozaini, N., & Dwi, A. S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Niagawan, 3 (4), 100-110.

Robertson, E. P., & Nunn, R. (2007). The Asian EFL Journal Quarterly.March

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology.

Ryff, C. D. (2014). Psychological Well-Being Revisited : Advances in the Science and Practice of Eudaimonia.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Toyibah, et al. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Penghafal Al Qur’an. Jurnal Psikologi Islam.

Yogi, A. R. (2012). Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Santri Penghafal Alquran. Psikologika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 4(5), 60-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id