PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IVSD NEGERI 091644 BAHLIAS KECAMATAN BANDAR

Esy Minar Parhusip, Rumiris Lumban Gaol, Dyan Wulan Sari HS, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pembelajaran dalam jaringan siswa di kelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif jenis survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran dalam jaringan terhadap pendidikan karakter dikelas IV SD Negeri 091644 Bahlias Kecamaan Bandar Tahun Pembelajaran 2020/2021. Instrument yang digunakan untuk mengukur pembelajaran dalam jaringan adalah angket yang terdiri dari 47 butir. Sedangkan untuk mengukur pendidikan karakter digunakan nilai hasil angket pembelajaran jaringan. Setelah dilakukan pengukuran terhadap pembelajaran dalam jaringan, didapat nilai mean (rata-rata) skor hasil angket sebesar 145.7. Hal ini berarti pembelajaran dalam jaringan di SD Negeri 091644 Bahlias Kecamatan Bandar berada pada tingkat tinggi. Untuk mengetahui tingkat pengaruh antara pembelajaran dalam jaringan dengan pendidikan karakter, digunakan rumus korelasi dari pearson. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung 0.827, yang berarti nilai korelasi kuat/berkorelasi. Uji signifikasi dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Diperoleh nilai thitung = 7.209 sedangkan ttabel = 1.706. Karena thitung ≥ ttabel (7.209 ≥ 1.706) maka Ha diterima da Ho ditolak. Melalui uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pembelajaran dalam jaringan dengan pendidikan karakter.


Keywords


pembelajaran dalam jaringan, pendidikan karakter

References


Andi, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Apriyanti, N., & Burhendi, F. C. A. (2020). Analisis Evaluasi Pembelajaran Daring Berorientasi Pada Karakter Siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta (ed.); 15th ed.).

Dimyati, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dyan, W. S. H., & Agus, K. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174–188. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1160

Gusty, et al. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 (janner simarmata (ed.); Yayasan Ki).

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V2I2.1291

Kurniasih, I. S. B. (2017). Pendidikan karakter : internalisasi dan metode pembelajaran di sekolah.

Marta, F., Simorangkir, A., & Tanjung, D. S. (2019). Pendekatan Multiple Intelligences Berbasis Budaya. 7(4), 302–304.

Matanari, C., Lumban Gaol, R., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. JurnalEducatio FKIP UNMA, 6(2), 294–300. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.435

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Meda,Y, dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori & Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Munjiatun, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma dan Pendekatan. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1924

Muslich.M. (2018). Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. In Manajer Pendidikan, 9(3), 50-70.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pohan, E. A. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Imiah. Jakarta: CV Sarnu Untung.

Panjaitan, M. F., Sitepu, A., Lumbangaol, R., & Janson Silaban, P. (2020). Pengaruh Pramuka Terhadap Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik SDN 106144. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 456–461. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.569.

Puspitasari, E. (2016). Pendekatan Pendidikan Karakter. In Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2), 50-75. https://doi.org/10.24235/EDUEKSOS.V3I2.355

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019a). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Multiple Intelligencesberbasis Budaya Batak Angkola Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 7(4), 302–304.

Simorangkir, F. M. A., & Tanjung, D. S. (2019b). Implementation of Multiple Intelligences Approach Based On Batak Angkola Culture in Learning Thematic For Class IV SD Negeri 100620 Pargarutan Julu South Tapanuli District. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 547–551. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.538

Sandu, S , Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Media Publishing.

Suyono, H. (2017). Belajar Dan Pembelajaram. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: ALFABETA.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 200111 Padang Sidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 68–79.

Wayan, I., Santika, E., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 3(1), 8–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id