UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Sari Meliana Sitanggang, Jontra Jusat Pangaribuan, Regina Sipayung, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah terkait tentang masih kurangnya pengunaan metode pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian yang dipaparkan pada artikel ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat di Sekolah Dasar dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian tersebut dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 31 soal dalam bentuk pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pretest diperoleh bahwa nilai rata-rata 50,75, dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 29,41%. Pada postest siklus I mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dengan nilai rata-rata 66,55 dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 52,95%. Dan setelah tindakan yang dilakukan dan diberikan postest siklus II maka diperoleh sebanyak 15 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata postest siklus II meningkat menjadi 76,86 dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88,22%.


Keywords


hasil belajar siswa, metode pembelajaran quantum teaching

References


Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.

Bobbi, D., Mark, R., & Sarah, S.-N. (2019). Quantum Teaching. Bandung: Mizan.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2019). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi kecerdasan. Jakarta: Alfabeta.

Shoimi, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 20013. Bandung: Ruzz Media.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Efforts to Improve Student Learning through Application of Models. 1(1), 11–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id