PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV DI SD

Delimatua Sigalingging, Ribka Kariani Sembiring, Anton Sitepu, Patri Janson Silaban

Abstract


Artikel ini merupakan sebuah gambaran penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Penelitian tersebut dilakukan di SD Negeri 101735 Sei Semayang Kecamatan sunggal pada bulan Juni. Subyek penelitian melibatkan 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain True Experimenal yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan statistik menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,44, sedangkan hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 66,72. Selanjutnya, pengujian hipotesis menunjukkan thitung  adalah 4,141 kemudian di konsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan ∞ = 0,05 dengan 23 adalah 1,714. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,141 > 1,714, terbukti bahwa hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dengan demikian, model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mempengaruhi hasil belajar lebih baik.


Keywords


model pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa

References


Akbar, S., A’yun, I.Q., Satriyani, F.Y., Widodo, W., Paranimmta, R. & Ferisa, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Banjar, R.P., Silaban, P.J. & Sitepu, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4): 1302–1307.

Dimyati & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayati, C. (n.d). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di SDN Belahanrejo Kedamean-Gresik. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri, (2): 2000–2011.

Istirani & Pulungan, I. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kadir & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Raja Gratindo Parsada.

Khairani, M. (2017). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Patta, R., Novianti, R.D., Pendidikan, F.I., Makassar, U.N. & Makassar, U.N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Ta’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, (1).

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan, A. S. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rizal, M.K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Terpadu Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Skripsi.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sembiring, R.K.B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3: 764–769.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana. (2016). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yulianti & Yuniasih, N. (2019). Telaah Kurikulum dan Aplikasinya dalam Proses Belajar Mengajar. Malang: CV Media Sutra Atiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id