PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SDN 094114 MARDINGDING PEMATANG RAYA

Romauli Manalu, Rumiris Lumban Gaol, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 094114 Mardingding Kecamatan Pamatang Silimahuta Pematang Raya Tahun Pembelajaran 2020/2021, pada bulan juni subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Model penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilaksanakan pada satu kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Instruction termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai nilai rata-rata 86,46, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi sebesar (0,761) ≥ rtabel (0,361) maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signfikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar siswa dikelas IV SD Negeri 094114 Mardingding kecamatan pamatang silimahuta Pematang Raya Tahun Pembelajaran 2020/2021


Keywords


Model pembelajaran Problem Based Instruction , Hasil Belajar

References


Anzelina. 2020. Perbedaan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 068003 Medan. Jurnal Ilmiah Aquinas, III(2), 249-265.

Bunga, N. T. (2020). PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD Devi Efa Naibaho , Regina Sipayung , Darinda Sofia Tanjung. 10(4).

Cakrawala, J., Vol, P., & Juli, E. (2016). Penulis adalah dosen tetap Prodi PGSD Fakultas Pendidikan Dasar dan Menengah Universitas Majalengka 71. 2(2).

Hariata, I. N. N., Pudjawan, K., Margunayasa, I. G., & Pgsd, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ips.

Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (2015). No Title. 13–38.

Institut, M., & Tapanuli, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction ( Pbi ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Teorema Pythagoras Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Padang Bolak Julu Oleh : Annisa Rahma Program Studi Pendidikan Matematika. 2(1), 1–6.

Instruction, P. B. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Dampak Model Pembelajaran Problem Based Instruction. 2(2), 189–195.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (III). Medan: MEDIA PERSADA.

Karmi, N. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematikan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(2), 221–226.

Kurniasih & Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru (IV; A. Jay, ed.). Jakarta: Kata Pena.

Laetisia, M. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.32585/ijimm.v1i2.531

Tanjung, D. S., & Intelligences, P. M. (2019). Pendekatan Multiple Intelligences Berbasis Budaya. 7(4), 302–304.

Mohamad. (2012). Pembelajaran Tematik Pembelajaran Tematik Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(20), 63–76.

Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Di Kelas V Sdn 200111 Padangsidimpuan. Juril AMIK MBP, IV(1), 68–79.

Lumban gaol, A. (2020). Pengaruh Model AIR Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ogan Gerak Hewan Dan Manusia Di Kelas V SD Negeri 097795. 4(4), 25–32.

Rozhana, K. M. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. 1, 39–45.

Rusman. (2019). Model - model Pembelajaran (II). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (VI). Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Tematik, P., & Sd, D. I. (2018). Jurnal basicedu. 2(23), 11–21.

Trianto. (2019). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (IV). Jakarta: Prenada Media.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.

zainal aqib. (2020). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif) (IX). Bandung: CV YRAMA WIDYA.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id