IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GURU DALAM MEMVARIASIKAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SD INPRES LAYANG KOTA MAKASSAR

Nur Aida, Nursalam Nursalam, Rosleny Babo

Abstract


Implementasi keterampilan guru dalam memvariasikan pembelajaran IPS melalui pembelajaran daring di SD Inpres Layang Kota Makassar. Dibimbing oleh Nursalam dan Rosleny Babo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam memvariasikan pembelajaran IPS melalui pembelajaran daring. Penelitian ini termaksuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil peneleitian menunjukan bahwa Implementasi Keterampilan guru dalam memvariasikan pembelajaran IPS di SD Inpres Layang Kota Makassar  yaitu a) Keterampilan variasi dalam gaya mengajar, b) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran, c) Keterampilan menjelaskan, d) Keterampilan bertanya,  e) Keterampilan memberikan penguatan, dan f) Keterampilan mengelola kelas. 2. Hasil wawancara implementasi Keterampilan Guru dalam Pembelajaran IPS melalui pembelajaran daring di SD Inpres Layang Kota Makassar a) Reaksi siswa kurang memahami dalam pembelajaran daring, Siswa sangat jenuh karena terkadang tidak mendengarkan b) Siswa kurang menyukai mata pelajaran IPS dalam Pembelajaran daring dengan alasan jaringan kurang jelas dan suara terputus-putus, c) Metode yang digunakan metode ceramah, dan metode penugasan, serta menggunakan media powerpoint. d) Siswa menyukai metode ceramah dan penugasan. e) Upaya yang ditempuh guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPS dalam Pembelajaran daring dengan banyak membaca, siswa harus dilatih untuk dapat menyimak pembelajaran serta menyusun jadwal sebaik mungkin. f) Faktor yang menyebabkan kesulitan dalam Pembelajaran daring yaitu faktor intern siswa, dan faktor teknis serta faktor ekstern. g) memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran lebih menggunakan via zoom. 3. Implementasi Keterampilan Guru dalam Memvariasikan Pembelajaran IPS melalui Pembelajaran daring guru mengaktifkan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran IPS melalui Pembelajaran daring yaitu siswa diberikan tugas, dan menggunakan power point.


Keywords


keterampilan guru, variasi pembelajaran, pembelajaran daring

References


Aldya, F. R dan Riskey, O. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 20, 95-110.

Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anni, C. T dan Rifa’I, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Arief, S, & Sardiman, dkk. (2006). Media Pendidikan, Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharudin. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Bastian. (2019). Keterampilan guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran IPS kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 1(5), 120-135.

Bilfaqih. (2015). Penerapan Media Pembelajaran. Surakarta: Melati Pustaka.

Damayanti, N. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V A di MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 5(9), 220-235.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id