ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI KINEMASTER DI ERA PASCA NEW NORMAL PADA MATERI GREETING EXSPRESSION DI SMPN 3 CIPEUCANG
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada analisis penggunaan media pembelajaran Aplikasi KineMaster Di era Pasca New Normal pada materi greeting Exspression. Yang bertujuan Untuk mempermudah guru atau pendidik dalam menyampaikan materi kepada siswa khususnya pada era pasca new normal. Sebagai salah satu media untuk menyampaikan materi dengan menggunakan aplikasi KineMaster khususnya materi greeting exspression di era Pasca New Normal. Dapat memberikan motivasi kepada sisawa melalui vidio pembelajaran yang menarik yang di sajikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan, dokumen. Metode penyebaran angket digunakan untuk memperoleh data tentang bagaimana kepuasan peserta didik dalam penyampaian materi melalui media pembelajaran dalam aplikasi KineMaster. Metode observasi digunakan untuk mengetahui sikap dan karakterstik siswa pada era pasca new normal saat kegiatan pembelajaran bahasa inggris serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui hasil nilai siswa ketika pembelajaran bahasa inggris materi greeting exspression dengan menggunakan media pembelajaran. Adapun hasil dari penelitian ini adalah siswa memiliki respon yang baik dapat dibuktikan dengan hasil analisis qusioner tentang kepuasan dengan nilai 89.66 dan pemahaman pembelajaran greeting ekspresion melalui video pembelajaran aplikasi KineMaster diperoleh rata-rata mendapatkan nilai 90.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ajeng, M., & Linda. (2020). Sikap dan Respon Anak PAUD dalam Mengenal Metamorfosis Serangga Melalui Media Animasi, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052-1051. DOI: 10.31004/obsesi.vxix.xxx.
Ali, M. (2010). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Belardi. (2013). Texting While Studying: New Study from McGraw-Hill Education Reveals That Technology Can Be Students’ Best Friend and Worst Enemy. McGraw-Hill Education.
Erlin, P., & Nyoto, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 01(02), 2685-9645.
Fajar, I. (2010). Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis TIK, http://www
Flick, U. (2007). Designing qualitative research. London: SAGE
Fielding, J., dan Fielding, N. (2008). Synergy and synthetis: integrating qualitative and quantitative data. Dalam Alasuutari, Pertti., Bickman, Leonard., dan Brannen, Julia. Editor. The SAGE handbook of social research methods. London: SAGE. Hal.555-571
Hsing-chinLee. (2014). Social media and student learning behavior: Plugging into mainstream music offers dynamic ways to learn English. Computers in Human Behavior, 36, 496-501.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Naili, R., Fetro, M., Haryadi, D., & Luriawati M, (2021). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Interaktif Untuk Meningkatkan Pembelajaran Teks Cerpen. Jurnal Tuturan, 10(1), 20-30.
Nesi, A., Andini, K. A., & Ariyansyah. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Vectorian Giotto Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SDIT Di Kabupaten Oku Timur. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5 (1), 25-30
Nasser, O. (2012). The Importance of Media in Foreign Language Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5(4), 24-28.
Irfan, M., & Ariandi, A. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Daring oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 139-144.
Sadiman, A. S. (dkk). (2010). Media Pendidikan:Pengertian,Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail :Â pajar@ejournal.unri.ac.id