EVALUASI REAKSI TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIKLAT MEMBATIK DI SANGGAR BATIK CIKADU TANJUNG LESUNG

Minhatul Maarif, Rizal Fauzi, Irma Murti Kusuma Anggara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi reaksi dari tingkat kepuasan mahasiswa Pg-PAUD STKIP Syekh Manshur terhadap program diklat yang diselenggarakan oleh Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengadopsi model evaluasi Kirkpatrick pada level ke-1. Responden pada penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdidi dari mahasiswa yang telah mengikuti Diklat membatik. Hasil penelitian didapat 60% mahasiswa tidak puas terhadap materi yang diberikan, 40% mahasiswa tidak puas terhdap penyelenggaran materi karena keterlambatan waktu pelaksanaan, seluruh mahasiswa merasa puas terhadap sarana dan prasarana diklat dan seluruh mahasiswa merasa puas terhadap kinerja instruktur. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa meskipun instruktur batik memiliki kemampuan yang handal dalam memfasilitasi belajar mahasiswa serta sarana prasarana yang diberikan sangat menunjang penyelenggaraan diklat akan tetapi tidak mampu mengatasi permasalahan belajar mahasiswa karena materi yang disajikan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta diklat. Padahal, diklat membatik melalui seni membatik diharapkan mampu menjembati permasalahan mahasiswa pada mata kuliah kreativitas dan keberbakatan agar dapat  membangun kreativitas dan bakat mahasiswa pada seni membatik. Sayangnya, mahasiswa pg-PAUD STKIP Syekh Manshur tidak begitu menyukai seni membatik sehingga hasil angket yang didapat menunjukkan bahwa hanya 40% mahasiswa yang tertarik dengan seni membatik.

 


Keywords


diklat, evaluasi, batik

References


Cahapay, M. (2021). Kirkpatrick Model: Its Limitations as Used in Higher Education Evaluation. International Journal of Assessment Tools in Education, 8(1), 135–144. https://doi.org/10.21449/ijate.856143

Iskandar, A., Subekan, A., Diklat, B., Makassar, K., Anggaran, P., & Keuangan, P. (2020). Evaluating the Distance Learning in the Pandemic Era: A Case Study at Financial Education and Training Agency Makassar. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 4(6), 1206–1221.

Khairi, M. Y. (2021). Evaluasi Learning Penyelenggaraan Pelatihan Jarak Jauh Tata Naskah Dinas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Oleh Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin, 5(2), 151–160.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, D. J. (2007). Implementing the Four Levels: San Francisco, California: Berrett-Koehler Publishers, Inc.

Ma’arif, M., Fauziah, M., & Fauzi, R. (2020). Effectiveness of Direct Instruction For Learning Models Improving Batik Skills in Basic School Students in Sanggar Batik Cikadu. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 151–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7894

Maarif, M., & Fauzi, R. (2018). Effectiveness of Field Trip Learning Towards Batik Banten Curriculum in Elementary School, 1(2), 41–45.

Purnomo, H., & Wulandari, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1204. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7878

Sahni, J. (2020). Managerial training effectiveness: An assessment through Kirkpatrick framework. TEM Journal, 9(3), 1227–1233. https://doi.org/10.18421/TEM93-51

Savul, S., Ikram, A., Khan, M. A., & Khan, M. A. (2021). Evaluation of Infection Prevention and Control Training Workshops Using Kirkpatrick’S Model. International Journal of Infectious Diseases, 0–19. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2021.09.005

Shodiq, M. (2021). Evaluasi Reakasi dan Pengetahuan Peserta Terhadap Mata Pelatihan Etika Publik. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 25–32.

Siebert, J. U., Kunz, R. E., & Rolf, P. (2021). Effects of decision training on individuals’ decision-making proactivity. European Journal of Operational Research, 294(1), 264–282. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2021.01.010

Sjolie, E., Stromme, A., & Boks-Vlemmix, J. (2021). Team-skills training and real-time facilitation as a means for developing student teachers’ learning of collaboration. Teaching and Teacher Education, 107, 103477. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103477




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id