PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA, TERHADAP KINERJA GURU SD DI WILAYAH KECAMATAN KLATEN SELATAN KABUPATEN KLATEN

Tukiyo Tukiyo

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh  bagaimana pengaruh  kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja ,  terhadap kinerja  guru  SD di wilayah kecamatan klaten selatan  kabupaten klaten  Metode  dalam penelitian ini  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey.. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru–guru SD Negeri  dan SD Swasta yang mengajar di wilayah Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, metode rergresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi  Hasil penelitian yaitu ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, displin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan nilai determinasi 49.1%. Artinya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, displin kerja guru terhadap kinerja guru SD di Korwil Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan dapat dijelaskan sebesar 49.1% sedangkan 50.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah mempunyai koefisien korelasi parsial 0.146  nilai t hitung sebesar 1.846  dan nilai signifikansi sebesar 0,067>0,05, maka secara parsial hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja  guru SD di Korwil Pendidikan Kecamatan Klaten Selatan ditolak.


Keywords


kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja,kinerja guru sd

References


Azmi. (2019). Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran ke Sekolah dan Mengajar di Kelas Melalui Penerapan “Reward and Punishment”. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (3), 550-559.

Jesica, L., Witri, G., & N. Lazim. (2019). Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta SD SeGugus I Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal Pajar ( Pendidikan dan Pengajaran , 3 (1), 87-92

Marlina, M. (2019). Studi Korelasi Disiplin Dalam Pembelajaran Dengan Kinerja Guru. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6 (1), 45–49

Sudarto. (2012). Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Suasana Kerja terhadap Kinerja Guru. Online.https://sudharto.blogspot.com/2012.

Sumiati, I. (2006). Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV

Suharsaputra, U. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurmalinda. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 003 Benai Kecil. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (3), 607-614.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Zuryati., Djailani, A.R., & Usman, N. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 38-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id