PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI SDN 34 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Leniwati Leniwati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin guru dalam proses pembelajaran dengan pemberian reward. Bentuk penelitian ini berupa penelitian tindakan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolah yang dilakukan dalam du siklus penelitian, subjek dalam penelitian ini terdiri dari 14 orang guru yang mengajar. Tempat penelitian dilakukan di SDN 34 X. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pemberian reward terhadap guru dapat meningkatkan disiplin guru pada pembelajaran terutama pada ketepatan waktu datang guru ke sekolah, hal itu terbukti hasil analisis disiplin guru pada aspek pelaksanaan pembelajaran ditemukan persentase sebesar 56%, kemudian pada aspek mengontrol perilaku didapat persentase sebesar 92.3%, dan pada aspek ketepatan waktu datang dan waktu pulang didapat persentase sebesar 84.6%.  Secara keseluruhan dapat dilihat bahwa persentase disiplin guru dalam pembelajaran yang meliputi beberapa aspek tersebut didapat persentase sebesar 83% dengan kategori baik.  Kemudian didukung juga oleh hasil observasi aktivitas guru yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama ditemukan persentase berjumlah 52% dengan kategori kurang baik, kemudian pada pertemuan kedua ditemukan persentase berjumlah 62% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dapat dilihat pada pertemuan ketiga persentase aktivitas guru meningkat menjadi 83% dengan kategori baik dan pada pertemuan keeempat ditemukan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Terbukti bahwa pemberian reward terhadap guru dapat meningkatkan disiplin guru dalam kegiatan pembelajaran di SDN 34 X.


Keywords


disiplin guru dalam mengajar, pemberian reward

References


Anas Sudijono, (2004).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Astarini, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Program Supervisi Akademik Melalui Pendampingan Dan Supervisi Manajerial. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(1).

Ardini. (2015). “Penerapan Hukuman”, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Ke kerasan Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vo. 9, No. 2, pp. 251-266

Adams, A.T. (2000). The status of school discipline and violence. The AN NALS of the American Academy of Political and Social Science, 567, hlm. 139-146

Azis. (2016). Reward-Punishment Seba gai Motivasi Pendidikan (Perspek tif Barat Dan Islam). Cendekia Vol. (14), No. (2), pp. 334-349.

Curvin, R. L., & Mendler, A. N. (1999). Discipline with dignity. USA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Damayanti. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Pengawasan Pimpinan Terhadap Disiplin Kerja Guru, Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(11), 50-60.

Hurlock, E. (2002). Tahap Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, , (2005), Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A.M. & Soedarmo, U.R. (2018). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2 (2).

Rohmah. (2020). Evaluasi terhadap pembinaan kinerja guru,JolEM, 1 (2), 1-13.

Siahaan, R. (2013). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disip lin Kerja Karyawan Pada PT. Per kebunan Nusantara III Rambutan. Jurnal Ilmiah Bussiness Progress. Vol (1), No. (1). pp. 17-26.

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ke-9). Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id