PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 22 BENGKALIS

Ali Anas

Abstract


penelitian ini merupakan tindakan sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu sekolah dan memperbaiki kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SDN 22 X, subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar di Sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang menjelaskan dan menggambarkan secara nyata fakta-fakta yang ditemukan pada saat penelitian. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan serta mengembangkan kemampuan atau kompetensi profesionalitas guru dalam pembelajaran sehingga tercipta kondisi belajar yang baik dan menghasilkan hasil belajar yang baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan profesionalitas guru dalam pembelajaran, hal itu terbukti dari data aspek kompetensi profesionalitas guru dapat dilihat pada penguasaan materi didapat skor berjumlah 3 dengan kategori tinggi, selanjutnya untuk indikator kemampuan membuka pelajaran didapat skor 4 dengan kategori sangat tinggi, pada kemampuan bertanya didapat skor 3 dengan kategori tinggi, pada kemampuan mengadakan variasi pembelajaran didapat skor berjumlah 4 dengan kategori sangat tinggi, pada kejelasan penyajian materi didapat skor berjumlah 3 dengan kategori tinggi, dan pada kemampuan mengelola kelas didapat skor berjumlah 3 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan profesionalitas guru dapat meningkat dengan adanya upaya perbaikan pembelajaran oleh kepala Sekolah.


Keywords


kepala sekolah, kemampuan profesionalitas guru

References


Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Imron, A. (2008). Penelitian tindakan sekolah bagi pengawas dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tenaga Kependidikan Edisi Nomor 2 tahun 2008. Jakarta: Direktorat Tendik, Ditjen Mutendik, Depdiknas.

Karwati. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta

Mayasari, E., & Syarif, M. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Fitrah. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 04 (1), 141-164

Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohiat. (2008). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin. (2013). Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ke-9). Jakarta: Kencana

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grapindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id