PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU
Abstract
Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tujuan pendidikan nasional yang ingin dicapai oleh bangsa sesuai dengan UUD 1945 pada alenia keempat. Tujuan pendidikan menengah atas (SMA/MA) adalah mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Minat siswa melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi tentu cukup beragam. Ada yang memiliki minat yang tinggi, minat yang sedang, rendah atau bahkan sama sekali tidak berminat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Observasi penelitian pada artikel ini menunjukkan bahwa sangat sedikit partisipasi siswa MA Muhammadiyah Pekanbaru dalam mendaftarkan diri melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Fenomena ini menandakan tujuan pendidikan menengah untuk mempersiapkan peserta didik melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi tidak tercapai dengan maksimal pada siswa MA Muhammadiyah Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan analisis deksriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner untuk memperoleh data tingkat pendidikan orang tua, pendapatan orang tua dan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII MA Muhammadiyah Pekanbaru. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian, terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui pendapatan orang tua siswa kelas XII MA Muhammadiyah Pekanbaru. Artinya siswa yang tingkat pendidikan orang tua nya baik maka tingkat pendapatan orang tuanya juga baik dan mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi siswa kelas XII MA Muhammadiyah Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedi, J. (2015). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu di Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi. Padang: Universitas Andalas.
Esti, S. R. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penernit Universitas Diponegoro.
Hartini. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Peternak Sapi Perah di Desa Sukorame Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Hasbullah. (2011). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Rajawali Pers.
Muniroh, A. (2016). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap. Motivasi Belajar Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 90-100.
Nadya, N. S. (2017). Pengaruh Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua dan Ekspektasi Karir terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 ayat 1 Riduwan, MBA. (2012). Analisis Jalur. Alfabeta: Bandung
Sefti, W. F., dan Wafrotur, R. (2014). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2(4), 24-35.
Siti, H. (2018). Tingkat Pendidikan Dan Pendapatan Orang tua Terhadap MinatMelanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Jurnal paedagogie, VI, 90-120.
Wasty, S. (2011). Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id