EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY DALAM MEMBACA PUISI DI SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis peningkatan membaca puisi melalui penerapan strategi modelling the way pada siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Jumlah populasi adalah 258 siswa dan dipilih 72 siswa sebagai sampel penelitian. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol pada kelas X TKJ 1 sebanyak 36 siswa dan kelompok eksperimen kelas X TKJ2 sebanyak 36 siswa . Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan metode modelling the way sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan dengan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan empat penilaian dalam pembelajaran membaca puisi yang dihitung dan diolah dengan menggunakan uji t-tes. Hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t-tes pada SPSS 26 menunjukkan nilai t hitung (4.272) lebih tinggi dari pada t tabel (2.808) pada level signifikan 0.05 dan degree of freedom (df) 70. Oleh karena itu hasil hipotesis null (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Hal ini menandakan bahwa metode modelling the way secara signifikan meningkat dalam pembelajaran membaca puisi pada kelas X SMK swasta Jambi medan.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aminudin, (2019). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Barus, S. (2010). Pembinaan Kompetensi Menulis. Medan: Usu Press.
Chasanah, M. (2011). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi melalui Teknik Pemodelan pada siswa kelas III MI Maarif Ngering-Gempol. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Depdikbud. (2008). Modelling The Way. Jakarta: Pustaka.
Hasanuddin, W.S. (2002). Membaca dan Menilai Sajak. Bandung : Angkasa.
Haya, U. A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Modelling The Way untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri Purwodadi. Lampung.
Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak
Lihin. (2014). Startegi Modelling The Way dalam Pembelajaran. (online).
Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi Terbaru .Yogyakarta: Andi.
Mihardja, R. (2012). Buku Pintar Sastra Indonesia. Jakarta : Laskar Aksara.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca. Surakarta : PT Widya Duta Grafika.
Sriyono. (2010). Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Zaini, H. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id