IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI GUNA MENGURANGI PERUNDUNGAN PADA ANAK

Dian Nastiti

Abstract


Pendidikan karakter bagi anak usia dini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan sebagai dasar untuk pengembangan pribadi selanjutnya. Pendidikan karakter bagi anak usia dini adalah membentuk mental dan karakter bangsa di masa yang akan dating. Perundungan menjadi salah satu perilaku negatif yang dapat dilakukan anak sebagai dampak dari kemerosotan moral. Oleh sebab itu, perlu adanya penanaman pendidikan karakter sejak dini pada diri anak agar mengurangi angka tindak perundungan. Artikel ini melaporkan sebuah penelitian tentang bentuk strategi penanaman karakter disiplin pada anak usia dini melalui kegiatan terprogram dan keteladanan guna mengurangi perundungan pada anak. Implementasi karakter disiplin dengan kegiatan terprogram sekolah dimasukan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari seperti guru mengimplementasikan nilai-nilai seperti keadilan, rasa hormat, dan kejujuran menjadi bagian pembelajaran sehari-hari baik di dalam maupun di luar kelas. Pada implementasi karakter disiplin secara teladan, guru dan orang tua menjadi teladan anak dalam pembiasaan karakter disiplin pada anak tersebut. Pola pengasuhan orang tua terhadap anak berpengaruh pada hubungan budaya disiplin orang tua. Sikap dan perilaku orang tua terhadap anak-anak mereka dan lingkungan tempat mereka tumbuh menjadi penting untuk mengembangkan kepribadian.


Keywords


karakter disiplin, perundungan, pendidikan anak usia dini

References


Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jiang, Y. (2014). Exploring teacher questioning as a formative assessment strategy. RELC Journal . 1 (1), 1-18. http://DOI: 10.1177/0033688214546962

Joey J. Fung and Anna S. Lau. (2009). Punitive discipline and child behavior problems in Chinese-american immigrant families: the moderating effects of indigenous child-rearing ideologies. International Journal Of Behavioral Development. 33 (6), 520–530

Lickona, T. (1991). Educating for character:how ous schools can teach respect andresponbility. New York: Bantam.

Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter panduan kengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Nusa Media.

Mulyasa .(2012). Manajemen PAUD .Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ramdhani,M, A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1): 28-37. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sonmez, M.O.etc. (2017). Violent discipline behaviors in mothers of preschool children in malatya, east anatolia. Journal of Interpersonal, 1 (1), 1-19. http://doi.org/10.1177/0886260517720737

Suprihatiningrum, S. 2014. Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tu’u,T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.

Yin. R.K. (2016). Studi kasus desain & metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zuchdi, D, dkk. (2012). Pendidikan karakter. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id