PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 ENDE SELATAN KECAMATAN ENDE SELATAN KABUPATEN ENDE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bimbingan belajar siswa di SMP Negeri 1 Ende Selatan, hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 1 Ende Selatan, dan pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa di SMP Negeri 1 Ende Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ende Selatan dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX berjumlah 68 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa skor bimbingan belajar dan nilai belajar IPA semester I tahun ajaran 2020/2021. Analisis data dilakukan dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII, VII, dan IX di SMP Negeri 1 Ende Selatan tahun ajaran 2020/2021, yaitu diperoleh nilai rxy= 0.509 dan thitung= 5.589>ttabel=1.667 pada α = 5%.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Azis, A., Usman., & Umam, K. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakulliah Kalkulus Diferensial. Jurnal Peluang, 8(2), 36-43
Hamalik, O. (2012). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar baru algensindo
Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Khairinal., Suhada, S., & Alawyah, W. W. (2021). Pengaruh Pendapatan Orang Tua, Bimbingan Belajar Dan Tingkat konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Ferdy Ferry Putra Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Manajemnem Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 2(1), 435-442. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2il
Latif, A. (2009). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: PT. Refika Aditama
Meuthia, R. P. & Afrila, D. (2021). Pengaruh Bimbingan belajar Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Hasil beajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Scientific Journalsof Economic Education, 5(2), 80-87.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Prayitno dan Erman, A. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriantna, I., Yuliawati, N. D., & Firmansyah, W. (2017). Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Tauhidi jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 10-18.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth, II(2), 368-388.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhaadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 01(2), 55-66.
Utami, W. Z., & Sri. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Mataram. JournalScientificof Mandalika (JSM), 2(6), 284-288.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id