PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XII

Ridwan Hatala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual dan media konvensional pada mata pelajaran PPKn. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPA SMA PGRI 1 Ambon. Tipe penelitian adalah kuantitatif eksperimen, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA1 dan kelas XII IPA2 yang ber jumlah 16 siswa untuk kelas IPA1. Sedangkan siswa kelas IPA2 berjumlah 20 siswa. Total siswa kedua kelas sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar PKn yang signifikan antara siswa dengan media audio visual dan siswa yang diajar dengan media konvensional.


Keywords


media, audio visual, konvensional, hasil belajar

References


Andaryati, A. P. (2016). Pengaruh Media Peta Sejarah Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 5(1), 19–27.

Asim, A. I. (2013). Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Pemanfaatan Media Peta Di Kelas Vi SDN 02 Sungai Betung. Artikel Penelitian.

Cochran, W. (1997). Sampling Techniques. Willey and Sons.

Far-Far, Gazali, et, al. (2021). Utilizing Maps As a Learning Media For History Subject At SMA PGRI 2 Seram Kairatu. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (Pajar), 5(5), 2614–1337.

Hastutik, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran PKn Di SMP N 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 357–361.

Hidayat, A. (2018). Penggunaan Media Peta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Pada SMA Islam PB. Soedirman Cijantung Jakarta Timur. Jurnal Candrasangkala, 4(1), 14–20.

Hoesny, Mariana Ulfah dan Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.

Imanudin, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Kelas V. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30.

Muslikh, A. (2018). Karakteristik Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Penelitian Dan Kependidikan (Dian Widya), 2(5).

Nastiti, Aulia, et. a. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Perjuangan Kemerdekaan Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 2338–0403.

Novita, L. et. a. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.

Patm awati, Desti, et, al. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 308–316.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Putra, R. A. et. a. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.

Ratumanan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Unesa University.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Lentera Pendidikan, 19(1), 112–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Secretariat
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung B1, FKIP Universitas Riau
Kampus Bina Widya Km. 12,5 Simpang Baru Panam
Pekanbaru Riau Indonesia 28293
e-mail : pajar@ejournal.unri.ac.id